Implementasi Standar Pelyanan Minimal Pendidikan di Kabupaten Sleman

Main Article Content

Oktaria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan pelayanan dasar minimal kebijakan standar (SPM) di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Jenis penelitiannya adalah kualitatif penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kualitatif. Implementasi kebijakan terkait terhadap pemenuhan SPM Pendidikan Dasar yang menjadi kewenangan Kabupaten Sleman Pemerintah belum mencapai 100%. Dalam indikator mutu pelayanan pendidikan dasar dari 2020 ada beberapa hal masih ada kesenjangan dalam hal pemenuhan sarana dan prasarana bagi pendidikan nonformal/kesetaraan, pemberian bantuan siswa miskin untuk jenjang TK dan pemeberian bantuan pendidikan bagi Guru dan KS untuk melanjutkan S2 sesuai dengan analisis kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan


 

Article Details

Section
Artikel

References

Buku dan Jurnal