Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Purworejo di Masa Pandemi Covid 19

Main Article Content

Teguh Winarso

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang Pemanfaatan Aplikasi Google Meet terhadap pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Purworejo di Masa Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah semua orang yang terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Purworejo. Pada penelitian ini sumber data primer berasal dari Kepala SMP Negeri 3 Purworejo, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas dan siswa. Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sampai sekarang memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan di Indonesia termasuk di SMP Negeri 3 Purworejo. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran daring, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Media yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Purworejo yaitu Aplikasi Google Meet karena mudah digunakan. Namun ada beberapa kendala yang dialami seperti fasilitas yang belum memadai. Berdasarkan hasil survey diperoleh informasi tentang pembelajaran selama pandemi Covid-19 bahwa sebanyak 88% siswa yang sudah aktif bergabung dengan menggunakan Google Meet saat pembelajaran online. Sebanyak 83% siswa menyatakan belum mempunyai fasilitas laptop dan 73% siswa dalam pembelajaran online menggunakan handphone sebagai media pembelajaran online. Sebanyak 16% siswa yang mengalami kendala masalah sinyal dan borosnya penggunaan paket data ketika dilaksanakan pembelajaran online. Data ini menunjukan masih banyak siswa yang belum bisa mengikuti pembelajaran online secara maksimal. Meskipun demikian ternyata pemberlakukan pembelajaran daring menjadi pemicu percepatan proses transformasi digital pendidikan Indonesia, Covid-19 justru memberikan dampak luar biasa terhadap transformasi digital menuju era pendidikan 4.0. 

Article Details

Section
Artikel

References

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suteki. (2020, Mei 02). Covid-19 Picu Percepatan Transformasi Digital Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://suteki.co.id/covid-19-picu-percepatan-transformasidigital-pendidikan-indonesia/

Ketut Sudarsana, I., Pusparani, K., Selasih, N. N., Juliantari, N. K., & Wayan Renawati, P. (2019). Expectations and challenges of using technology in education. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1).https://doi.org/10.1088/17426596/1175/1/012160

Juliantari, N. K., Sudarsana, I. K., Sutriyanti, N. K., Temon Astawa, I. N., Hendrawathy Putri, I. D. A., & Saddhono, K. (2018). Educational Games Based in Information Technology as Innovation Evaluation Activity in Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012041

Tantangan. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 05 Agt 2021, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tantangan

Peluang. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 05 Agt 2021, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/peluang

J.S Badudu, pengertian pemanfaatan, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002, Jakarta :Balai pustaka, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Poerwadarminta. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

https://www.nesabamedia.com/pengertian-google-meet/

Juniartini, NME dan Ransa, IW. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara untuk Pembelajaran Bahasa pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9 (2)

Ahmad, Susanto. (2013). “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pane, Aprida. & Dasopang, M. Darwis. 2017. “Belajar dan Pembelajaran Fitrah”: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3.2.

Isman, Mhd. “Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring)”, Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamaddiyah Sumatera Utara: 587.

A, N, Sobron, dkk. 2019. ”Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA”: Jurnal Pendidikan Isam dan Multikulturalisme. Vol. 1 (2): 2.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Panjiah, E. (2020). “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi”. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati, 1-8.

Syarifudin, A., S. (2020). “Implementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1), 31-34. Tersedia pada: https://journal.trunojoyoac.id/metalungua/article/view/7072. Diakses agustus 2021.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). “Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring”. Yogyakarta: Deepublish

Drs.Sofar Silaen dan Widiono. 2013,”Metodelogi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis”, In Media

Suliyanto (2018). ”Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi”. Yogyakarta: Andi Offset.

Arikunto, S. 2000. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta, CV.

Prodjo, W. A. (2020b). “Zenius untuk Guru” Hadir Membantu Guru Hadapi Tantangan Belajar dari Rumah. Artikel KOMPAS. Retrieved from https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/10/070000971/-zenius-untukguru-hadir-membantu-guru-hadapi-tantangan-belajar-dari-rumah?page=all

Nastiti, F. E., & 'Abdu, A. R. (2020). “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 5 (1), 61-66.

NF Absor, Umasih, Kurniawati( 2019). “Pembelajaran sejarah di SMK Era Revolusi Industri 4.0” : Tantangan dan Peluang. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS 4, 59-65.