Analisis Hambatan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Kecamatan Cangkringan

Main Article Content

Ehsan -

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan analisis hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik di masa pendemi Covid-19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya mendeskripsikan analisis hambatan belajar yang dialami oleh guru dan peserta didik Sekolah Dasar Kecamatan Cangkringan tahun 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen dalam bentuk Google Form yang diisi oleh guru. Dari data yang sudah dikumpulkan, kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran diantarannya terletak pada keterbatasan kemampuan guru menggunakan platform digital yang ada. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode yang berbeda agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik. Inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kolaborasi menggunakan platform digital yang ada. Sehingga guru dapat berinteraksi dengan peserta didik tidak sekedar memberikan tugas melalui grup WhatsApp saja, melainkan dikolaborasikan dengan Google Meet atau zoom meeting, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Karena semakin banyak metode yang digunakan, maka kesempatan peserta didik untuk belajar menjadi semakin baik dan hambatan yang ada dapat diminamilisir.


 

Article Details

Section
Artikel

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-pendidikan-formal-anak-pada-masa-pandemi-Covid-19 diakses 14 Agustus 2021

https://www.kompasiana.com/arditasyalwa/5e7ba8d6097f36116506b8a2/pembelajaran-daring-efektif diakses 14 Agustus 2021

Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. Christina Ismaniati, M.Pd./Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.pdf

NME Juniartini, I. R. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19 1Nme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sma Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 393–404. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta