Model Komunikasi Kunjungan Orang Tua Menggunakan Digital Application Communication Tools untuk Memastikan Kepuasan Orang Tua Terhadap Pelayanan Pendidikan Selama Pandemi COVID-19 di SMP Kesatuan Bangsa

Main Article Content

Eko Andi Hartono

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengkaji tentang pemanfaatan digital application communication tool pada program kunjungan orang tua siswa kelas IX di SMP Kesatuan Bangsa Yogyakarta dalam kondisi pandemi COVID-19. Subjek penelitian terdiri dari atas ketua departemen bimbingan (guidance), walikelas kelas IX dan orang tua siswa kelas IX. Pengumpulan data menggunakan langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dengan menggunakan teknik wawancara melalui google form dan pendalaman melalui chat whatsapp. Hasil yang didapat adalah tingkat kepuasan orang tua terhadap pelayanan pendidikan di SMP Kesatuan Bangsa selama pandemi sebesar 94%. Pemanfaatan digital application communication tool pada program kunjungan orang tua memiliki 9 keistimewaan yaitu kemudahan akses ke pimpinan, ketulusan, progress capaian, kehangatan, empati, problem solver, inspiring and motivating, flexible anytime anywhere dan real time & playback recording.

Article Details

Section
Artikel

References

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27

Blandul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society. rocedia - Social and Behavioral Sciences, 180 (November 2014), 484–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.148

Bordalba, M. M., & Bochaca, J. G. (2019). Digital media for family-school communication? Parents’ and teachers’ beliefs. Computers and Education, 132(July 2017), 44–62. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.006

Hasanah, N. (2020). Evaluasi Kinerja Keungan Dengan Menggunakan Strategic Variance Analysis. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 11(1), 11–26. https://doi.org/10.17509/jimb.v11i1.21581

Heath, D., Maghrabi, R., & Carr, N. (2015). Implications of information and communication technologies (ICT) for school-home communication. Journal of Information Technology Education: Research, 14(2015). https://doi.org/10.28945/2285

Hossain, M. (2021). Does greater community involvement mean more parent-teacher interaction? Evidence from seven developing countries. International Journal of Educational Development, 83(November 2020), 102378. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102378

Kumar, A., & Kumar, S. (2020). Factors Determining the Parents’ satisfaction for Online Primary Education during a Pandemic (COVID-19). IOSR Journal of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 25, 27–35. www.iosrjournals.org27|Page

McMillan, S. J. (2020). COVID-19 and strategic communication with parents and guardians of college students. Cogent Social Sciences, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2020.1843836

Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional. Soendari, T. (n.d.). Teknik_analisis_dt.kual.ppt_[Compatibility_Mode].

Setyawan, D. H. (2018). Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Zakky. (2018). Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli (Arikunto, Sugiyono, dkk). In www.zonareferensi.com