INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DENGAN METODE BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI KELAS V SDN 14 MENDUNG TERUSAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Sofhia Winda Dwijayanti Dami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan starategi dan pembelajaran pendidikan agama katolik dengan menggunakan metode blended cooperative e learning di kelas V SDN 14 Mendung Terusan pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian kualitatif dengan mengamati langsung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SDN 14 Mendung Terusan, Bengkayang, Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode blended cooperative e learning adalah solusi ideal dalam menghadapi pandemi covid-19, karna metode ini dapat menjembatani kesenjangan peserta didik kelas V SDN 14 Mendung Terusan yang memiliki sarana teknologi dan yang tidak memilikinya. Pepaduan antara pendekatan pembelajaran cooperative learning dan blended learning tidak saja hanya membekali kemampuan peserta didik dalam memahami materi namun dapat  meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan interpersonal, pemecahan masalah, dan keterampilan lain yang dibutuhkan peserta didik. Dengan kemudahan teknologi, keterbatasan penemuan dikelas yang dapat dipecahkan dengan blended learning dikelas V SDN 14 Mendung Terusan.

Article Details

Section
Artikel

References

Cahyani, Anisa. 2021. “Menerapkan Blended E Learning Dikelas” https://blog.kejarcita.id/menerapkan-blended-learning-di-kelas/ diakses pada 8 Agustus 2021 pukul 8:45

Comedi. 2021. “Kelebihan Model Blended Learning dan Kekurangannya Saat Ini”

https://codemi.co.id/kelebihan-model-blended-learning-dan-kekurangannya-saat-ini/ diakses pada 9 Agustus 2021 pukul 10:10

Nawangsari, Dyah. (2010), Urgensi Inovasi Dalam System Pendidikan. Jurnal Falasifa, I(1)

Rusdian, Ahmad, Sulhan, Moh, Arifin, Isep Zaenal, & Kamaludin, Undang Ahmad (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemi Covid-19.

Juliana, Henny, (2020). Analisis Yuridis Kebiajakan Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemic Covid-19 Melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020. Administarive Law & Govermance Journal, 3 (2) 329-348.

Sanjaya, Ridwan (2020) 21 Refreksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat Pandemi. SCU. Knowledge media.

Yunus, Nur Rohim, & Rizki, Annisa. (2020). Kebijakan Pemberlakukan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal sosial dan budaya syar-I,7(3),227-238.