Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Kapanewon Karangmojo Gunungkidul di Masa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan dirumah demi memutuskan mata rantai penyebaran covid 19. “Ketidaksiapan semua unsur salah satunya ialah guru dalam pembelajaran menjadi kendala yang besar juga, adanya perubahan cara belajar mengajar dari tatap muka menjadi dalam jaringan membutuhkan kesiapan dari semua unsur. Oleh karena itu, Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru masa pandemi covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan jumlah sampel sebanyak 40 Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kolerasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah sangat dominan terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak kapanewon Karangmojo. Maka dapat disimpulkan semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka semakin baik pula kinerja guru pada masa pandemi Covid-19.
Article Details
References
Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151
Firmawati, Y. N. U. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3), 102–113.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 78–86. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/473
Parida, L., & Wijayanti, W. (2018). Kepemimpinan kepala taman kanak-kanak di persekolahan Kanisius Yogyayakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 105. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9384
Rahmawati, W. F., Studi, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2020). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap.
Rukmana, I. J. (2021). Jurnal Ekonomi. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2), 176–184.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41
Sally, Mahdum, R. S. K., & Pendidikan, J. M. (2018). The Contribution of School Climate and Principal Leadership Towards Teachers Perfomance at tate senior High school in Rumbai sub district, Pekanbaru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).
Sugiyono. (2018). Metode penelitian manajemen (M. P. Setiyawami,S.H. (ed.); 6th ed.). ALFABETA,cv.
Trianawati, R., & Etiyasningsih. (2018). Analisa Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kinerja Guru. Jendela Pendidikan JURNAL ILMIAH KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 55–70.