Upaya Meningkatkan Kreatifitas Guru TK Dalam Menyusun Bahan Ajar Melalui Pelatihan Kerja Kelompok Pada Masa Pandemi

Main Article Content

Anjar Suketi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatkan kreatifitas guru dalam menyusun bahan ajar untuk pembelajaran dimasa pandemi melalui pelatihan dalam kerja kelompok pada guru TK binaan di Kapanewon Tanjungsari tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif Penelitian dengan pendekatan Tindakan Sekolah, yang terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah guru TK binaan di Kapanewon Tanjungsari. Data yang diperoleh dari penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatkan kreatifitas guru dalam menyusun bahan ajar untuk pembelajaran dimasa pandemik melalui pelatihan dalam kerja kelompok pada guru TK binaan di Kapanewon Tanjungsari tahun 2021, hal ini dapat dilihat dari hasil presentase kreatifitas guru dalam menyusun bahan ajar yang mengalami peningkatan dari kegiatan pra tindakan sebesar 36% menjadi 76% pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 40%. (2) Dengan meningkatnya kreatifitas guru dalam menyusun bahan ajar dapat menstimulasi guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan sebesar 76% guru yang meningkat nilai Baik dan Sangat Baik setelah di beri pelatihan. (3) dengan meningkatnya kompetensi guru berproyeksi terhadap efektifitas media pembelajaran pada perkembangan anak usia dini di TK binaan di Kapanewon Tanjungsari.

Article Details

Section
Artikel

References

Helda Jolanda Pentury. 2017. Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 4 No. 3 Nopember 2017, hal 265-272

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 3rded, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2016.

Ina Magdalena, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Nasrullah, Dinda Ayu Amalia. 2020. Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, 311-326

Praptono. 2020. Pendidikan Pada Masa Wabah, Jakarta: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19).

Soeroso. 2020. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (Ba-Pjj) Sekolah Dasar, Pekalongan: Dinas Pendidikan Kota Pekalongan

Sukirman. 2020. Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru . Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Volume 4 Number 1

Tien Asmara Palintan. 2020. Analisis Respon Guru Terhadap Pelatihan Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal TEMATIK, Desember 2020, Volume 6, Nomor 2, Halaman 69-75

Undang-Undang Republik Indinesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Warso, Agus. 2018. Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Graha Cendekia.