Inovasi Pembelajaran Bahasa Jawa dan Strategi Asesmen SMA Negeri 9 di Masa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Abtrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi pembelajaran Bahasa Jawa di masa pandemi Covid-19. Kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung walaupun dengan model atau melalui pembelajaran jarak jauh dengan daring atau online. Inovasi pembelajaran diharapkan dapat memberikan solusi juga pencegahan penyebaran Covid-19. Oleh karena itu kerjasama orang tua, guru dan pemerintah sangat dianjurkan demi mewujudkan pendidikan yang efektif dan efisien di tengah pandemi yang melanda Negara kita saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa mengenai hal-hal yang di alami oleh subjek peneliti . Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu analisis dokumen, obserfasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini dari dokumen dan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Corona (Covid-19) berdampak pada munculnya konsep-konsep baru yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan. Inovasi pembelajaran yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran secara online atau daring dengan menggunakan aplikasi whatsApp, google meet. Dan youTube. Harapannya inovasi tersebut dapat memberikan hasil yang optimal dan dapat meningkatkan kerjasama antar sekolah,orang tua guru dan pemerintah demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan mampu menghasilkan siswa yang berkualitas tinggi. Inovasi pembelajaran berbasis teknologi diharapkan tidak hanya berlangsung dimasa pandemi Covid-19, namun dapat diterapkan pula setelah pandemi berakhir untuk pendidikan yang semakin maju dan berkualitas
Abstract
This article aims to analyze and describe Javanese language learning innovations during the Covid-19 pandemic. Teaching and learning activities continue to take place even with models or through online or online distance learning. Learning innovations are expected to provide solutions as well as prevent the spread of Covid-19. Therefore, the cooperation of parents, teachers and the government is highly recommended in order to realize an effective and efficient education in the midst of the pandemic that is currently engulfing our country. The research method used is qualitative research by describing in the form of words and language about the things experienced by the research subject. Data was collected in three ways, namely document analysis, observation and interviews. Sources of data in this study from documents and informants. The results of this study indicate that government policies in tackling the spread of the Corona virus (Covid-19) have an impact on the emergence of new concepts related to learning innovations that can be applied. The learning innovation used in this research is online or online learning using the WhatsApp, Google Meet application. And YouTube. It is hoped that this innovation can provide optimal results and can increase cooperation between schools, parents, teachers and the government in order to realize quality education and be able to produce high-quality students. It is hoped that technology-based learning innovations will not only take place during the Covid-19 pandemic, but can also be applied after the pandemic ends for more advanced and quality education
Article Details
References
Dewi, Wahyu.A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.,2(1), 55-61
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. PendekatanKontekstual Contextual Teaching and Learning). Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Dwipa, D.P., Wardani, N.E., dan Anindyarini A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi: Studi Kasus Di Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Basastra Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 8(1), 133-142
Firman dan Rahman, S.R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesia Journal Of Educational Science (IJES), 02(02), 81-89
Morgan, H. 2020. Best Practice For Implementing Remote Learning During a Pandemic. The Clearing House: A Journal Of Edukational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134-140
Moeleong. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Oktawirawan, D. H. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.
Popham, W.J., 1995. Classroom Assessment: What Teacher Neet to Know. Mass: Allyn-Bacon
Rigiyanti, H.A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7 (2), 297-302.
Wajdi, M. B. N., Ubaidillah, M.B., Rizal, H.S., Multadi S. dkk. 2020. Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 bagi Tenaga Pendidik di Lembaga Pendidikan berbasis Pesantren di Jawa Timur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 04(01).266-277.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. 2020. Persepsi Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.