Prestasi Belajar Matematika Dilihat dari Aspek Motivasi dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Ponjong

Main Article Content

Nurul Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ponjong; 2) ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ponjong; 3). ada tidaknya pengaruh motivasi dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ponjong. Dengan populasi sebanyak 129  siswa, penentuan sampel dengan taraf 5% sebanyak 95 siswa dan pengambilan sampel teknik probability sampling dengan teknik pengambilan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan analisis dokumen dan angket yang sudah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar (Nilai Fhitung 56,123 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar (Nilai Fhitung 5,379 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,023 < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar bersama-sama lingkungan belajar  dilihat dari hasil korelasi ganda dan koefisien korelasi (R = 0,614,F = 27,794,sig 0,000).

Article Details

Section
Artikel

References

Fatchur Rochman Baedowi. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Binangun Cilacap. OIKONOMIA : Vol.5 No.2

Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777

Hermawan, Y., Suherti, H., & Gumilar, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 8(1), 51. https://doi.org/10.25157/je.v8i1.3317

Mentari Putri Pratiwi, D. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk Model Pgri 1 Mejayan. 162–169.

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, Indonesia, 4(1), 82–88.

Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254.

Rida Dwi Widiastuty. (2021). Pengaruh Lingkungan Blejar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Blejar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMK Telkom Bandung). 6(2), 405–417.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta: Bandung

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

Zaturrahmi. (2019). lingkungan belajar sebagai pengelolaan kelas: sebuah kajian literatur. E-Tech Volume07 NumberIV

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech