Kinerja Guru MGMP Produktif Keperawatan Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan Faktor Motivasi dan Disiplin Kerja
Main Article Content
Abstract
Kinerja guru merupakan hal penting dalam keefektifan organisasi yang dipengaruhi diantaranya motivasi dan disiplin kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, seluruh guru anggota MGMP Produktif Keperawatan DIY sebanyak 33 orang dijadikan subjek penelitian. Instrumen penelitian menggunakan angket. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, heterokedastisitas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan regresi linier berganda dan diteruskan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) membuktikan bahwa motivasi kerja dan disiplin kerja masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 15,846 > 3,32 dengan probabilitas sebesar 0,001 < 0,05 berarti motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil R Square didapatkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,514 atau 51,4% yang berarti variabilitas variabel independen sebesar 51,4% sedangkan sisanya (48,6%) dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak ikut terobservasi. Hal ini menjelaskan bahwa apabila motivasi kerja yang tinggi didukung dengan disiplin kerja yang baik, maka dapat meningkatkan kinerja guru.
Article Details
References
Ajabar, & Marina, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Prabumulih. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akuntansi), 3(2), 80–91. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss2.pp80
Darmi. (2015). Kompetensi Guru Produktif Sikap Kewirausahaan Siswa Pada. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 33–45.
Effendi, M., & Yogie, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654
Farhah, A., Ahiri, J., & Ilham, M. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326
Islahuddin. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia di SMPN 1 Labuhan Haji Tahun 2016/2017. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Pembelajaran, 1(November), 106–117.
Lubis, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Madjid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi kerja. Samudra Biru.
Zulkarnaen, Z., Supriyati, Y., & Sudiarditha, I. K. R. (2020). Pengaruh budaya sekolah, gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33867