IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP BUDHI MULIA – LANGGUR MALUKU TENGGARA

Main Article Content

benedikta sermatan

Abstract

Pendidikan merupakan unsur penting dan mendasar (asasi) dalam hidup manusia. Melalui pendidikan dapat mengubah dan menentukan hidup manusia. Salah satu bentuk pendidikan yang sedang dikembangkan di lembaga pendidikan adalah pendidikan karakter. Adapun yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Oleh karena itu pendidikan karakter menjadi salah satu fokus perhatian dan usaha dari setiap institusi atau lembaga pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas hingga Perguruan Tinggi termasuk SMP Budi Mulia-Langgur Maluku Tenggara. Dalam realitasnya masih ditemukan berbagai permasalahan dalam diri peserta didik seperti halnya keterlambatan masuk sekolah, lupa mengerjakan tugas sekolah, malas masuk sekolah dan lain sebagainya. Terhadap permasalahan yang ada, penulis tertarik untuk mendalami lebih jauh tentang implementasi nilai-nilai karakter di SMP Budhi Mulia Langgur melalui penelitian. dengan pendekatan kualitatif. Dari permasalahan yang ada dan melalui analisa ditemukan empat cara mengimplementasikan nilai-nilai karakter ke dalam diri siswa-siswi SMP Budhi Mulia Langgur yaitu dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum dan mata pelajaran, pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, Tradisi refleksi, rekoleksi, dan retret, serta pertemuan rutin orangtua murid dengan pihak sekolah.

Article Details

Section
Artikel

References

Arthur, James. 2014. Handbook Moral of Moral and Character Education: Traditional Approaches to Character Education in Britain and America. Routledge-Taylor and Francis Group: New York and London.

Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai – Karakter. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Creswell, John W dan N. Poth, Cheryl. 2018. Qualitative Inquiry dan Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publication: London.

Febrina Evananda, “Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan”, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 1, No.3, 2018.

Kristiyanto, A. Eddy. 2019. Peta Pelayanan Gereja di Bidang Pendidikan. OBOR: Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. 2007. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How to schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam, 1992.

Sammani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2016. Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sudiarja, A, dkk. 2006. Karya lengkap Driyarkara: Esai-esai Filsafat Pemikir yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.