Pengembangan Program Jogjabelajar Class di Daerah Istimewa Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Abstrak : Pandemi Covid-19 mengubah semua tatanan kehidupan di berbagai negara, demikian juga dengan di Indonesia. Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 dengan kebijakan physical distancing (menjaga jarak fisik), sehingga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) Dinas Dikpora DIY sebagai Unit Pelaksana Teknis Pendidikan di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas menyelenggarakan pengembangan, produksi dan layanan pembelajaran serta teknologi komunikasi pendidikan. Salah satu layanan yang dikembangkan adalah Portal Jogjabelajar yang merupakan salah satu unggulan Digital Govermen Service sebagai bagian Jogja Smart Provinse di Daerah Istimewa Yogyakarta bdengan berbagai layanan online yang meliputi konten pembelajaran multimedia, audio dan siaran radio streaming, video, konten-konten budaya dan layanan pembelajaran secara online. Jogjabelajar sendiri memuat pembelajaran yang terdiri dari : (1) Jogjabelajar class, konten pembelajaran kelas secara online (kelas maya), (2) Jogjabelajar media, konten media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, (3) Jogjabelajar radio, konten berisi pembelajaran siaran radio streaming dan (4) Jogjabelajar budaya, konten media budaya untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa khususnya yogyakarta. Jogjabelajar Class yang menjadi salah satu solusi pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi seperti saat ini. Dan pada tahun 2021 ini Jogjabelajar Class terus juga dikembangkan fitur-fiturnya sehingga diharapkan benar-benar bisa dijadikan salah satu pilihan sebagai solusi dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengembangan program Jogjabelajar class yang ada di Daerah Istimewa yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu pendekatan atau penelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral, dimana hasil penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah informan atau narasumber, tempat dan aktivitas kegiatan, serta dokumen. Hasil penelitian adalah dengan pengembangan program Jogjabelajar class merupakan solusi terbaik terhadap pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Daerah istimewa Yogyakarta. . Jogjabelajar Class mempunyai keunikan atau keistimewaan yaitu antara lain : (1) dikembangkan berdasarkan kebutuhan nyata guru dan siswa, (2) memudahkan guru memindahkan kelas konvensional ke kelas online, (3) tidak rumit dalam konfigurasi kelas, (4) tampilan dan menu sangat sederhana, mudah dipahami, (5) guru dan siswa otomatis terhubung sesuai NPSN, (6) orangtua dan siswa terhubung melalui NISN, dan (7) gratis atau tidak berbayar
Kata kunci: Jogjabelajar, Jogjabelajar Class, pembelajaran daring, inovasi pembelajaran, pandemi covid-19
Article Details
References
Daftar Pustaka
Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 56 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tatakerja Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daearah Istimewa Yogyakarta
Kementerian Kesehatan. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Bersekala Besar. Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran Daring dan Belajar dari Rumah dalam rangka Pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 2 dan 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi. 2020. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta
Kurniawan, Arif.2020. Pemanfaatan Jogjabelajar Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi Covid-19.