IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI GELANGAN 2 KOTA MAGELANG

Main Article Content

SRI INDARWATI

Abstract

Abstrak: Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi supervise akademik pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19 di SDN Gelangan 2 Kota Magelang.  Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi (suber dan teknik/metode), member checks, dan kecukupan bahan referensi hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervise akademik pembelajaran daring masa pandemic Covid-19 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Program supervise berfokus pada peningkatan dan pengembangan kemampuan serta keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran daring. Program supervise dari kepala sekolah dilakukan secara terjadwal melalui metode observasi kelas dengan memanfaatkan media googlemeet. Terdapat respon positif dari para guru terhadap program supervise yang dilakukan oleh kepala sekolah pada masa pandemic Covid 19 ini.

Article Details

Section
Artikel

References

Daftar Pustaka

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Asmani, M. J. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Bafadal, I. (2009). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA. Berliani, T., & Wahyuni, R. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2 (2): 124-135.

Berliani, T., & Wahyuni, R. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Haroyong di Sekolah Dasar pada Daerah Aliran Sungai Rungan dan Sungai Kahayan. Equity in Education Journal, 2(1): 19-28

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55-61.

Gunawan, I. (2014a). Analisis Dampak Supervisi Pendidikan terhadap Perkembangan Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Revitalisasi Manajemen Pendidikan Nasional Menuju Perbaikan Mental, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, 8-9 Desember, hlm. 249- 269.

Kurniadin, D., & Machali, I. 2014. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Masaong, A. K. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Ulfatin, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing