Manajemen Sekolah Tentang Literasi Membaca Untuk Menanamkan Budipekerti Pada Masa Pandemi Di SDN Wates 2 Magelang

Main Article Content

Sri Sudarlina

Abstract

 Penelitian ini untuk mendiskripsikan manajemen sekolah tentang literasi membaca untuk menanamkan budipekerti pada masa pandemi di SD Negeri Wates 2 Magelang.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yakni Pengawas, Kepala sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa.Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap yakni data reduksi, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Wates 2  untuk mewujudkan kegiatan literasi dengan membentuk Gerakan Literasi sekolah yang diberi nama Sasana Ngilmu dengan tujuan agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kegiatan ini beranggotakan seluruh warga sekolah juga walimurid. Pada kegiatan literasi guru menugaskan siswa untuk membaca selama 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran. Adapun pelaksanaanya pada masa pandemi lewat daring dan luring sesuai kondisi kelas masing – masing. Kegiatan penelitian ini sesuai dengan tujuan sekolah untuk menanamkan nilai – nilai luhur budaya bangsa dengan menanamkan budipekerti lewat literasi pada peserta didik dari pengaruh teknologi yang semakin canggih.Bekal literasi dapat membuka jendela dunia dengan membuka wawasan yang luas dan  mengambil pengaruh baik sebagai bekal di masa depan.

Article Details

Section
Artikel

References

Daftar Pustaka

Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2015) Gerakan Literasi Sekolah, Menumbuhkan Budaya Literasi di

Sekolah

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasioanal (2007), Kamus Besar Bahasa

Indonesia,Penerbit Balai Pustaka, Jakarta

Lutfi, Aida Sumardi, Farihen, Gina Imia (2020) dalam Jurnalnya yang berjudul

Pendampingan Kegiatan Membaca untuk meningkatkan Kemampuan Literasi

Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi

Sedendi,R.E (2020) dalam penelitiannya yang berjudul Pembentukan Karakter

Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah di SD Islam

Muhamadiyah,Cipete,Cilongok Banyumas

Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Setyawati, N. (2020). Implementasi sanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di

luar rumah saat terjadinya pandemi COVID-19. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(2), 135

Sugiyono,2017, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D),, Cetakan Ke-25, Penerbit Alfabeta, Bandung

(https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sekolah), diakses 5 Agustus 2021

SunuH, Nia AL (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan

dan Pengembangan Literasi. Vol. No.2

Hartati SN, Thahir A,Fauzan A(2020).Manajemen ProgramPenguatan Karakter

Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa

Pandemi Covid 19-New Normal, Journal of Islamic

Education Management.