Pengaruh Kebijakan Sekolah dan Kepimpinan Terhadap Kinerja Guru TK di Kapanewon Sanden
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebijakan sekolah terhadap kinerja guru TK se Kapanewon Sanden dan 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru TK se Kapanewon Sanden. Jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru TK se Kapanewon Sanden yang berjumlah 25 guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik parametrik. Sebelum dilakukan uji hipotesis, maka dilakukan beberapa uji asumsi, yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian baru di lakukan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini, ada pengaruh kebijakan sekolah terhadap kinerja guru TK se Kapanewon Sanden dan ada pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru TK se Kapanewon Sanden.
Article Details
References
Afriansyah, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video E-Learning Moodle. Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 52–58.
Ahmad, Syarwani. (2016). Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish
Aswardi, A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika bagi Siswa SMK Dhuafa Padang. Pedagogi, 12 (2), 18–23.
Edison, Emron dkk. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta
Eliza.D. (2013). Penerapan Model pembelajaran kontekstual learning (CTL) berbasis centra di Taman kanak kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 14 (2).
Febriansyah., Lukmansyah, D., Hartanto, R., Kurniawan, C. (2016). Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dalam Kompetensi Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 570–577.
Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i2 2016p063
Maduratan, M. (2013). Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru dan pegawai di sekolah dasar negeri 015 Samarinda. Jurnal Administrasi Negara, 1(1).
Mukhtar, M. (2015). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMP Negeri Di Kapanewon Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3 (3).
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyapradana, D. (2017). Pengaruh motivasi terhadap kinerja guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan Politekinik Pusmanu Pekalongan.
Nurhafizah. (2019). Profesionalisme guru pendidikan anak usia dini dalam merancan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.
Rusdinal, R., & Afriansyah, H. (2018). Create Class Climate Effectively in Kindergarten. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.74
Sri, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Supradi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Grasindo.
Taufan, J., & Mazhud, F. (2016). Kebijakan-kebijakan kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Sekolah X Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14 (1).
Taylor, E. S.and Tyler, J. H. (2012). The effect of evaluation on teachers performance. American Economic Review, 102 (7), 3628-51.
Zulminiati. (2019). Pengaruh permainan menjahit terhadap kemampuan motorik halus anak 5-6 tahun FIP UNP. Jurnal of Family,Adult and Early Childhood Education.