Strategi dan Implementasi Penguatan Pendidikan Karaktar Pada Siswa Dimasa Pandemi Covid Dalam Pembelajaran Daring di SD mangiran Tahun Pelajaran 2021/2022
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Setrategi dan Impelementasi penguatan pendidikan karakter pada siswa dimasa pandemi covid melalui pembelajaran daring di SD Mangiran (2) Menjelaskan strategi dan impelementasi penguatan pendidikan karakter pada siswa dimasa pandemi covid melalui pembelajaran daring di SD Mangiran (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penguatan pendidikan karakter strategi dan impelementasi penguatan pendidikan karakter dimasa pandemi covid melalui pembelajaran daring di SD Mangiran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) impelementasi penguatan pendidikan karakter dimasa pandemi covid melalui pembelajaran daring di SD Mangiran dilakukan dengan mengacu kedalam visi misi, analisis Kompetensi Dasar, Perencanaan Pembelajaran, Pengaturan Ruangan Kelas, Perencanaan Peraturan Kelas, Pengelolaan Pekerjaan siswa, Pengelolaan Perilaku siswa yang Tidak Pantas (2) Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) impelementasi penguatan pendidikan karakter dimasa pandemi covid melalui pembelajaran daring di SD Mangiran dilakukan dengan memasukkan kedalam program sekolah yang memiliki nilai religius, integritas, nasionalis, gotong royong, mandiri, pembentukan suritauladan, keterlibatan pemangku kepentingan, pembentukan tata tertib sekolah, literasi (3) Keberhasilan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) memiliki faktor pendukung dan penghambat baik secara internal dan eksternal. Pendukung internal guru mempuyai karakter yang patut dijadikan rule mode atau suritauladan, penghambat internal beberapa guru kurang memahami kurikulum K-13, pendukung eksternal wali murid ikut perperan dalam penguatan pendidikan karakter siswa, penghambat eksternal beberapa wali murid acuh tak acuh dengan karakter siswa,tidak adanya tatap muka
Kata Kunci: Karakter, Pembelajaran Daring, Siswa
Article Details
References
Albertus, Doni Koesoema. 2016. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, https://aceh.tribunnews.com/2020/10/09/tantangan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi.
Bibigul, A., Orynkul, S., Lyudmila, K., & Aelita, S. 2015. The Rating System of the Rural School Pupils’ Assessment of the Republic of Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1152–1158.https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201 5.0%204.127
Dyah Sriwilujeng, Panduan Implementasi Penguatan Pen Pendidikan Karakter (Jakarta:Erlangga,2017),12.Effendy, Muhadjir. 2016. Arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Hotel Santika, Jakarta, 27 September 2016. (transkrip rekaman Kemdikbud).
Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages373-384.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Hasan, Said Hamid, dkk,. 2017. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (Jakarta: 2017), 16.
Oktaria, Renti & Putra, Purwanto. 2020. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 1(2020) p-ISSN 2337-8301; e- ISSN2656-1271 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ paud/index
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Suciati, 2020.Pembelajaran Daring di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19,Anom Pustaka Yogyakarta