PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Lestari Mugiantarsih

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap karakter disiplin siswa kelas VI SD Kembangan, 2) mengetahui pengaruh proses pembelajaran daring terhadap karakter disiplin siswa kelas VI SD Kembangan, dan 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan proses pembelajaran daring terhadap karakter disiplin siswa kelas VI SD Kembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Kembangan yang berjumlah 31 siswa. Besarnya sampel adalah 75% dari seluruh jumlah siswa yaitu 20 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dan Korelasi Product Moment dilanjutkan dengan Regresi Ganda Dua Prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  (1) motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap karakter disiplin dengan nilai = 0,232 di atas 0,195, (2) proses pembelajaran daring memiliki pengaruh dengan nilai = 0,201 di atas 0,195, (3) variabel motivasi belajar dan proses pembelajaran daring mempunyai pengaruh terhadap karakter disiplin dengan nilai R= 0,284, sedangkan nilai F regresi = 4,176 > dari F tabel yaitu 3,0922. Hal ini berarti hasil penelitian dapat digeneralisasikan untuk siswa kelas VI di SD Kembangan

Article Details

Section
Artikel

References

Aji, R.H.S. 2020. Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia:sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i. Vol.7. No.5. 2020.

Dian Ratu, Hascaryo, Barokah. 2020. Pendidikan dalam masa pandemic covid-19. Jurnal Sinestesia. Vol.10. No. 1. April 2020.

Jennings, J.L., Diprete., Thomas, A. 2010. Teachers effect on social and behavioral skills in early elementay school. Journal Sociology of Education. Vol. 83 (2) p. 135-159.

Lickona, T. 2015. Educating for character. London: Allyn and Bacon.

Osher,. Bear,. Sppraque,. Doyle. 2011. How can we improve school discipline?. American Educational Research Association Journal. Vol. 39. No. I.p. 48-58.

Purwanto, A., Asbari, M. 2020. Studi eksploratif dampak pandemic covid-19 terhadap proses pembelajaran online di SD. Edupsycouns Journal. Vol. 2 No. 1 2020.

Sudrajat, A. 2016. Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. No.1. Tahun I. hlm. 47-58.

Sukadari. 2016. Pendidikan Karakter. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Theriot, M.T., Dupper. 2010. Student diciplin problems at the transition from elementary school to middle school. Journal Education and Urban Society. Vol. 42. p. 205-222.

Uslan,. Nuriyah. 2018. Model SCL di SD yang inovatif terintegrasi pembelajaran terpadu. Journal Pendas Mahakam. Vol. 3 (1). Hlmn 63-67.

Zuchdi, D. 2018. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.