Blended Learning System Pada Pembelajaran Vokasi di Lembaga Kursus dan Pelatihan Dalam Tatanan Kenormalan Baru

Main Article Content

Agus Cahyono

Abstract

Abstrak:


Pandemi Covid-19 telah mengubah semua tatanan kehidupan khususnya di bidang pendidikan. Pembatasan dan himbauan pemerintah dalam rangka menekan laju penularan covid-19, membuat dunia pendidikan khususnya lembaga kursus dan pelatihan harus mencari solusi terbaik. Blended learning merupakan inovasi terbaik dalam melaksanakan pembelajaran di Lembaga Kursus dan Pelatihan dimana lebih menekankan pembelajaran praktek secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelakasanaan pembelajaran dengan sistem blended di LKP Duta Persada Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu pendekatan atau penelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral, dimana hasil penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Sumber datanya adalah informan atau narasumber, tempat dan aktivitas kegiatan, serta dokumen. Hasil penelitian adalah dengan penerapkan sistem pembelajaran secara blended learning merupakan solusi terbaik terhadap pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di LKP Duta Persada. Pada pembelajaran secara daring sudah terintegrasi dalam learning manajemen system sehingga memudahkan bagi peserta didik maupun pendidik. Pada pembelajaran secara luring dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dimana dalam pelaksanaannya dibagi menjadi kelas kecil sehingga resiko penularan covid-19 dapat diminimalkan. 


 


Kata kunci: blended learning, pembelajaran daring, pembelajaran luring, learning management system, lembaga kursus dan pelatihan, inovasi pembelajaran, pandemi covid-19


 


Abstract:


 


Pandemic of Covid 19 has brought changes in many life aspects including education. Social distancing policy forces, course and training institutions to find alternative solution. Blended learning is the best innovation in implementing Learning process in a Training school which puts more stress on practice by doing. The objective of this study is to describe the implementation of Blended Learning Process at LKP Duta Persada Yogyakarta.  This study applied descriptive and qualitative method to explore central signs (symptomps) and used descriptive study result. Data were collected through interview, on-field observation, and documentation. Study result is the implementation of blended learning system as the


best solution for learning process at LKP Duta Persada Yogyakarta. Learning process by daring method has been integrated with Learning management system which supports both teachers and students. Learning process by luring method applies standard health protocol for small groups of classes so that the transmission of covid 19 can be minimized.


 


 


Keywords: Blended learning, daring method, luring method, training school, learning innovation, pandemi of covid 19

Article Details

Section
Artikel

References

Daftar Pustaka

Kementerian Kesehatan. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Bersekala Besar. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi. 2020. Surat Edaran Direktorat Pendidikan Tinggi Nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Aji, R. H. S. 2020. Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia : sekolah, keterampilan dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Volume 7 No.5, 369.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dewi, K.C., Ciptayani, P.I., Surjono, H.D., Priyanto. 2019. Blended learning, konsep dan implementasi pada pendidikan tinggi vokasi, 4. Bali : Swasta penulis

Sari, A. R. 2014. Peningkatan prestasi belajar dan keterampilan group work melalui kombinasi pembelajaran peer learning dan blended learning. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume XII, No. 1, 108.

Widiora, I. K. 2018. Blended leraning sebagai alternatif pembelajaran di Era Digital. Jurnal STHAN MPU Singaraja, Volume 2 No. 2, 51.

Permana, D., Kudsi, I., Salam, M., Iriantara, Y., Barlian, U. C. (2021). Inovasi pembelajaran dengan model blended learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, Volumen 1, No. 1, 37.

Nurhadi, N. 2020. Blended learning dan aplikasinya di era new normal pandemi covid-19. Jurnal Agriekstensia, Volume 19, No. 2, 121.

Dewi, K.C., Ciptayani, P.I., Surjono, H.D., Priyanto. 2019. Blended learning, konsep dan implementasi pada pendidikan tinggi vokasi, 24. Bali : Swasta penulis

Putra, N. 2013. Metode penelitian kualitatif pendidikan. Jakarta : Rajawali press.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami penelitian kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.