Gaya Kepemimpinan Suportif dalam Menyelenggarakan Pembelajaran yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Gaya kepemimpinan suportif menitikberatkan pada kemampuan pemimpin untuk memperhatikan, menyokong, dan membimbing bawahannya dengan totalitas sehingga tujuan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi gaya kepemimpinan suportif di SD GMIT Kefamenanu 4 dalam menyelenggarakan pembelajaran yang efektif di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu pelaksanaan pada bulan Mei sampai Juli 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD GMIT Kefamenanu 4. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, pendidik atau guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang peserta didik. Teknik pegumpulannya datanya menggunakan wawancara, observasi, dan analisis isi (content analysis). Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah SD GMIT Kefamenanu 4, khususnya dalam masa pandemi covid-19, adalah gaya kepemimpinan supporting. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan-kebijakan yang diambil oleh kepala sekolah. Kepemimpinan suportif ini dapat dikatakan berhasil dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembelajaran di SD GMIT Kefamenanu 4 pada masa pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kepala sekolah untuk mengatasi kendala-kendala yang ada. Kebijakannya antara lain pembelajaran door to door, pemberian masker kepada seluruh warga sekolah sekolah, pengalokasian dana untuk menyokong aktivitas pembelajaran, kerja sama antara sekolah dengan orang tua peserta didik untuk memberikan mereka pendidikan karakter dan keterampilan (life skills). Sebagai hasilnya, selama di rumah siswa dapat memiliki keterampilan atau life skills, karakter yang lebih baik, dan prestasi akademik yang tidak mengalami penurunan.
Kata kunci: gaya kepemimpinan suportif, pembelajaran yang efektif, pandemi covid-19
Article Details
References
Indah, Priastuti Dwi. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif, Suportif, Dan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Aneka Mitra Jaya, Tangerang Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-99.
Koesmono, H. T. (2007). Pengaruh kepemimpinan dan tuntutan tugas terhadap komitmen organisasi dengan variabel moderasi motivasi perawat rumah sakit swasta Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 9(1), 30-40.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Putra, C. B., Utami, H. N., & Hakam, M. S. O. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif, Suportif, Dan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 11-20.
Suyono, H. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Suportif, Komunikasi Horizontal Dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Kontrak (Studi Pada Karyawan Frontliner PT. Bank Central Asia Tbk Banjarmasin). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 85-98.
Thoha, Miftah. 2010. Pembinaan Organisasi, proses diagnosa dan intervensi, Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta: Gava Media.
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta, Rineka Cipta.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.
Yulistian, Arly Sandra Endang Siti Astuti, Hamidah Nayati Utami. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif, Suportif, Dan Orientasi Prestasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 1-7.