Penggunaan Media Pembelajaran Digital yang Inovatif pada Pembelajaran Fisika di SMAK Kesuma Mataram dalam Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Romualdus Paulus Sogen

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat penggunaan media pembelajaran digital yang inovatif di masa pandemi covid- 19. Media pembelajaran yang inovatif diharapkan mampu memberikan solusi pada pembelajaran Fisika. Oleh karena itu, peran pihak terlibat seperti guru, orang tua dan pemerintah sangat diharapkan demi terwujudnya pendidikan yang efektif dan efisien di tengah wabah penyakit yang melanda dunia saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan guru Fisika di SMAK Kesuma Mataram, dan sumber data sekunder baik dari buku, jurnal dan sumber reverensi lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMAK Kesuma merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tanggap terhadap pandemi covid 19. Hal ini terbukti dengan adanya pembelajaran yang sudah memanfaatkan media pembelajaran digital yang inovatif , yaitu: Pertama, penyusunan modul pembelajaran berbasis digital yaitu e-modul yang meliputi materi pembelajaran dan penilaian berbasis digital. Kedua, media pembelajaran utama yaitu  Zoom meeting dan Google meet didukung dengan platform digital lainnya seperti WhatsApp, Google Classroom, LMS (Learning Management System) yang dikembangkan SMAK Kesuma Mataram, dan YouTube. Ketiga, fleksibilitas interaksi dalam pembelajaran yang tidak terikat pada ruang dan waktu sebagaimana pembelajaran secara tatap muka.

Article Details

Section
Artikel

References

Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860.

Arsyad, A., 2013, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr-01353818/prosespembejalaran-daring-di-tengah-antisipasipenyebaran-virus-corona-dinilai-belummaksimal. Diakses 24 Juli 2021.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019, December). Learning Management system with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1417, No. 1, p. 012078). IOP Publishing.

Hakim. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement.

Hanafi, M. 2019. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT. Diakses melalui http://jurnal.umt.ac.id pada 24 Juli 2021.

Hartanto, W. (2016). Penggunaan ELearningSebagai Media Pembelajaran. Jurnal UNEJ.

Istiningsih. (2020, Juni 11). Learning Innovation in the Pandemic Period Covid-19 [Webinar]. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://bit.ly/2ArhXDP

Ketut Sudarsana, I., Pusparani, K., Selasih, N. N., Juliantari, N. K., & Wayan Renawati, P. (2019). Expectations and challenges of using technology in education. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012160

Mällinen, S. (2018). Teacher effectiveness and online learning. In Teaching & Learning

Online (pp. 139-149). Routledge.

Minalla, A. A. (2018). The Effect of Whatsapp Chat Group in Enhancing EFL Learners' Verbal Interaction outside Classroom Contexts. English Language Teaching, 11(3), 1-7. Pendidikan, M. (n.d.). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19). 2020.

Pengelola Web Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkanbelajar-menyenangkan-bagi-daerah-yangterapkan-belajar-di-rumah.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.

Yanti, F. A., Mundilarto, M. P., & Kuswanto, H. (2019). Teori Dan Aplikasi Model Cooperative Research Project Based Learning di Perguruan Tinggi. Yogyakrta: Gre Publishing.

Zaharah, Z., Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 269-282.