Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Perangkat Chromebook yang Terintegrasi Google Classroom dan Video Conference Zoom Saat Pandemi COVID-19 di SMP Kesatuan Bangsa

Main Article Content

Kursad Duvarci

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan penetian deskriptif kualitatif yang mengkaji tentang penggunaan elearning pada siswa kelas VIII di SMP Kesatuan Bangsa School Yogyakarta dalam kondisi pembelajaran jarak jauh akibat terdampak pandemic COVID-19. Pengumpulan data menggunakan langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan dengan menggunakan teknik wawancara melalui sambungan telepon dan pendalaman melalui chat whatsapp. Hasil yang didapat adalah tingkat pemahaman responden terhadap perangkat Chromebook yang terintegrasi Google Classroom dan Video Conference Zoom sebagai media pembelajaran jarak jauh secara keseluruhan ada diangka 72%, tingkat kesediaan untuk melanjutkan pemanfaatan perangkat Chromebook yang terintegrasi Google Classroom dan Video Conference Zoom
secara utuh ada diangka 80% sedangkan tingkat kebutuhan terhadap kehadiran guru secara real sebanyak 100%.

Article Details

Section
Artikel

References

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27.

Blandul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society. rocedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 484–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.148

Ciputra, U., & Online, E. (2017). Penerapan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) Di Universitas Ciputra Enterpreunership Online (UCEO). Unnes Semarang

Dodi, N. (2016). Pentingnya guru untuk mempelajari psikologi pendidikan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi

Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.

Farisi, M. I. (2012). Konsep belajar jarak jauh dan aplikasinya. Orientasi Pengelola PJJ.

Munawaroh, I. (2015). Virtual Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Majalah Ilmiah Pembelajaran, (2), 220000.

Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional. Soendari, T. (n.d.). Teknik_analisis_dt.kual.ppt_[Compatibility_Mode].

Ranius, A. Y. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Matrik

Sahfitri, V., & Ulfa, M. (2015). Evaluasi Usability Sistem E-Learning sebagai Aplikasi Pendukung Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi Menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Ilmiah MATRIK, 17(1), 53-66.

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102- 109.

Setyawan, D. H. (2018). Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia. Scriptura, 5(2). https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78

Waryanto, N. H. (2016). Online Learning sebagai salah satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Phitagoras,

Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., Singaraja, K., & Dwijendra, U. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. 3(2),

UNICEF. (2020). COVID-19: Laporan Terbaru UNICEF. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baru-unicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh

Zakky. (2018). Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli (Arikunto, Sugiyono, dkk). In www.zonareferensi.com