UPAYA INOVATIF PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DI WILAYAH MLATI, NGEMPLAK, NGAGLIK DAN KALASAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Sih Ngatini

Abstract

Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masif dilakukan di hampir semua lembaga
kursus akibat pandemi Covid-19. Banyak lembaga kursus yang sangat terdampak oleh situasi ini.
Oleh karena itu, lembaga kursus harus berubah. Seluruh asset harus dinilai. Kemudian dilakukan
penataan aset tersebut agar lembaga kursus tetap dapat bertahan melaksanakan pembelajaran di
masa pandemi ini.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah lembaga kursus melakukan penilaian aset
ang dimiliki di tengah pandemi Covid-19 yang berefek pada kebijakan penataan di seluruh aspek
lembaga serta dampak yang dihasilkan dari penataan tersebut. Ada lima aset yang dinilai oleh
pengelola yaitu aset sumber daya manusia, sumber daya lingkungan, sosial, keuangan dan
infrastruktur lembaga. Metodologi penelitian dengan melakukan survei 26 lembaga kursus di
empat wilayah kecamatan di Sleman yang meliputi Kecamatan Mlati, Ngaglik, Ngemplak dan
Kalasan.
Hasil survei menyebutkan bahwa mayoritas lembaga kursus sudah melakukan penataan di
semua aspek. Hal yang paling penting dilakukan dari semua aset adalah penataan sumber daya
manusia. Hal itu akan berdampak pada aset yang lainnya. Pada masa pandemi ini pengelola
lembaga kursus harus menyediakan upaya peningkatan kapasitas/kompetensi instruktur beserta
penyediaan sarana yang mendukung pembelajaran.

Article Details

Section
Artikel

References

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Direktorat Kursus dan Pelatihan, 2020. Laporan Akuntabilitas Kinerja InstansiPemeritah Tahun 2020. Kemendikbud

Erwin Rifal Fauzi, Novi Widiastuti, 2018. Peran Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menjahit Dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Padalarang. Jurnal COMM-EDU ISSN : 2615-1480 Volume 1 Nomor 2, Mei 2018, IKIP Siliwangi

Fearn-Banks,K. 1996. Crisis Communication : A Case book Approach. Mahwah, NY: Lawrence Erlbaum.

Fierda Ananda Eka Banowati dan Rino Sardanto, 2021. Urgensi Pengelolaan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Masa Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 6 No. 1 (2021) hlm. 64-71. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Gonzales-Herrero, A and Pratt, C.B. 1995. How to Manage a Crisis Before or Whenever – Public Relations Quaterly. Spring.

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. 2008. Vol.II/Oktober.

Melly Maulin Purwaningwulan, S Sos., M. Si, 2019. Public Relation dan Manajemen Krisis. Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.11 No. 2

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations. Jakarta : Rajawali Pers.

Rostini, Deti, 2019. GunaHumas Jurnal Kehumasan Volume 2, Nomor 1, Edisi Agustus, Tahun 2019. ISSN – 2655 – 1551 univ islam nusantara

Sri Agung Pranoto, 2021. Peranan Manajemen Pengelolaan Pendidikan Non Formal Untuk Mempertahankan Eksistensi Pada Masa Pandemi Covid-19 (Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur) p-ISSN 2655-4313 (Print), e-ISSN 2655-2329 (Online) SENADA, Vol.4, April 2021 http://senada.idbbali.ac.id. Pascasarjana Pendidikan Seni, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Zhahara Yusra, Rufran Zulkarnain, Sofino, 2021. Pengelolaan Lkp Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Lifelong Learning Vol. 4 No.1. 15-22 (June 2021), Universitas Bengkulu