Inovasi Pembelajaran Berbasis Internet dan Strategi Asesmen pada masa Pandemic di SD Negeri 2 Karanggede Arjosari Pacitan
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Pandemi COVID-19 berdampak besar dari berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Pendidikan harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada dirumah. Pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan berbasis internet yaitu pembelajaran daring (dalam jaringan). Pada masa pandemic pendidik harus membuat inovasi pembelajaran yang efektif agar peserta didik semangat mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran inovatif mengandung arti pembelajaran yang dikemas oleh guru, atau instruktur, yang merupakan wujud gagasan atau teknik yang dipandangn baru, agar mampu memfasilitasi siswa untuk memperoleh kemajuan dalam proses dan hasil belajar. Dalam inovasi pembelajaran guru dapat menggunakan media berbasis internet. Internet merupakan salah satu media yang dapat membantu guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Contoh media berbasis internet adalah WhatsApp (WA), Telegram, Aplikasi zoom meeting, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom ataupun media lainnya. Dalam inovasi pembelajaran guru harus menerapkan inovasi pembelajaran karena asesmen dan evaluasi pembelajaran dalam kondisi social distancing dan physical distancing yang dilakukan di rumah dapat menggunakan metode asesmen jarak jauh. Asesmen tersebut dapat berbentuk kuis, tes daring, penugasan-penugasan individu, ataupun dengan bentuk-bentuk asesmen daring lain dengan pemanfaatan internet.
Article Details
References
Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread of Coronavirus Disease (COVID-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 07 No. 01, Januari-Juni 2020.
Haryanto, 2012. Pengertian pendidikan menurut para akhli. Online. http://belajarpsikologi.com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/
Muttaqin, Muh, Ikha Listyarini, Ferina Agustini (2021). Pengaruh Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19 Terhadap Hasil Belajar Tema 9 Kelas V SD NEGERI CEMPAKA 01 TEGAL. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 7, Nomor 3, Mei 2021, hlm.1188-1192.
Nurdyansyah. N. dan Andiek Widodo. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(1), 21-34.
Rahmi, Rina (2020). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. AL-TARBIYAH, Vol. 30 No. 2, December 2020, 111-123.
Syarifudin, Asrul, Mesiono (2012). Inovasi Pendidikan suatu analisis terhadap kebijakan baru pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Sulkifli, S., Kaharuddin, K., & Firdaus, F. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yaspib Bontolempangan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 7(2), 242-248.
Tarigan, E. N. B., & Arief, A. (2021). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Internet Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Widoro Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(3).