Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri Satu Atap Riangduli di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui best practices kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri Satu Atap Riangduli untuk meningkatkan prestasi belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 membuat perubahan disegala bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Semua yang berada dibidang pendidikan wajib melakukan pembelajaran secara daring. Banyak terjadi kendala pada pembelajaran daring, salah satunya adalah menurunnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah dan guru-guru. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu kepala sekolah membuka layanan konsultasi belajar di sekolah. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Terbukti dengan adanya konsultasi belajar di sekolah, siswa lebih semangat dalam belajar, nilai akademiknya meningkat lagi dan siswa lebih bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugasnya.
Article Details
References
Abshir, B. A. (2020). The Effect of Coronavirus ( COVID-19 ) on Face to Face Learning of Undergraduate Students in Mogadishu , Somalia. International Journal of Education and Social Science, 7(5), 21–32.
Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).
Demina, D. (2020). Leadership management of education and personality leaders of industrial revolution 4.0. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.31958/jaf.v8i2.2616
Güner, R., Hasanoğlu, İ., & Aktaş, F. (2020). Covid-19: Prevention and control measures in community. Turkish Journal of Medical Sciences, 50(SI-1), 571–577. https://doi.org/10.3906/sag-2004-146
Hasim, W., & Hasanah, E. (2020). The Role of Principal Leadership in Preventing COVID-19 Transmission at SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Buay Madang Timur Indonesia. Asian Journal of Education and Social Studies, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v1 1i130279
Huntsman, D., Greer, A., Murphy, H., & Haynes, S. (2021). Enhancing adaptive performance in emergency response: Empowerment practices and the moderating role of tempo balance. Safety Science, 134(December 2020), 105060.
Firdaus, A., & Aslinda, A. (2020). Strategi pengembangan manajemen peserta didik dalam meningkatkan mutu pendidikan di mtsn padang panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2).
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Deepublish.
Mataputun, Y. (2018). Kepemimpinan Kepala 41 AL-FIKRAH, Volume XI Nomor 1, Juni 2021 Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Iklim Sekolah (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Mbogo, R. W. (2020). Leadership Roles in Managing Education in Crises: the Case of Kenya During Covid-19 Pandemic. European Journal of Education Studies, 7(9), 207–227.
Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Indonesian Journal of Science & Technology Distance Learning in Vocational High Schools during the COVID-19 Pandemic in West Java Province , Indonesia. Indonesian Journal of Science & Technology, 5(2), 271–282.
Musri, M. (2020). Peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru dan karyawan di smp negeri 8 padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1, 33–45.
Pohan, albert efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Sarnu Untung
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di kabupaten banjarnegara. Elementary School 7, 7, 297– 302.
Sagala, S. (2018). pendekatan dan Model Kepemimpinan. Prenadamedia Group.