Kepemimpinan Disruptif Kepala Sekolah Dasar Semesta Semarang di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat menyebabkan tekanan pada sekolah-sekolah di seluruh dunia. Guna melindungi guru, staf dan juga siswa banyak sekolah yang menerapkan sistem belajar dan mengajar dari rumah. Seiring berjalannya waktu, perspektif baru muncul terkait sistem dan juga metode belajar siswa, cara mengajar guru dan juga cara komunikasi sekolah dengan orang tua siswa. Terkait perkembangan tersebut, sangat diperlukan model kepemimpinan yang berbeda dari yang biasa dilakukan kepala sekolah sebelum terjadi pandemi Covid-19 yang tentunya menggunakan model kepemimpinan disruptif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap model kepemimpinan distruptif Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Semesta, sebagai salah satu sekolah dasar swasta terbaik di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive dan snowball sampling. Temuan menunjukkan bahwa: Kepala Sekolah menunjukkan model kepemimpinan distruptif dengan cara yang unik kepada guru-guru dan juga orang tua dimana mereka dipaksa untuk menggunakan sistem informasi manajemen sekolah. Tantangan yang paling utama adalah ketika aksesbilitas terhadap internet terganggu, komunikasi melalui gawai dan kepiawaian orang tua dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini menambah pengetahuan tentang model kepemimpinan yang berbeda Kepala Sekolah guna mencapai sekolah yang tangguh dan inovatif di masa pandemi Covid-19.
Article Details
References
Billington, M., & Ellersgaard, B. (2017). Unleashing Disruptive Leadership – Teaching Carpe Diem! Business Education Innovation Journal, 9(1), 133–138.
Cambridge Assessment International Education. (2018). Global Education Census Report 2018. Cambridge, United Kingdom.
Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (5th ed.). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2015). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Business Engineering, (01), 1–15.
Joy, M. M. (2017). Why Disruptive Leadership Works. (July). Research Gate Publication. 318419290.
Kao, R. (2018). Disruptive Leadership Apple and the Technology of Caring Deeply—Nine Keys to Organizational Excellence and Global Impact. Boca Raton, Florida: Taylor & Francis Group.
Kaplan, S. (2012). Leading Disruptive Innovation. Ivey Business Journal, 76(August), 1. https://doi.org/10.7547/0003-0538-104.3.A1
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A Methods Sourcebook. In Qualitative Data Analysis (3rd ed.). https://doi.org/10.1080/0140528790010406
Promise, Z. (2021). Strengthening institutions of higher education through disruptive leadership. Nternational Scientific Journal of Universities and Leadership, 1(11), 181–191. https://doi.org/https://doi.org/10.31874/2520-6702-2021-11-1-181-191
Rasool, F., Koomsap, P., Afsar, B., & Panezai, B. A. (2018). A framework for disruptive innovation. Foresight. https://doi.org/10.1108/FS-10-2017-0057
Safruddin Abdul Jabar, C. (2017). Institutional Strategies To Make Excellent Schools. 66(Yicemap), 279–283. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.48
Tellis, G. J. (2006). Disruptive technology or visionary leadership? Journal of Product Innovation Management, 23(1), 34–38. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2005.00179.x
Yukl, G. A. (2013). Leadership in Organizations. https://doi.org/10.1016/1048-9843(95)90027-6