PERAN MANAJEMEN SDM DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN)

Main Article Content

ambar santoso

Abstract

Kegiatan penelitian ini mengkaji tentang  peran manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif jenis studi kasus. Lokasi penelitian berada di SMK Negeri 1 Depok, Kabupaten Sleman Propinsi Yogyakarta. Objek penelitian yaitu peran Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mencapai kualitas tenaga kerja di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara atau kualitatif diskriptif. Penelitian observasi wawancara ini dilakukan oleh peneliti (mahasiswa prodi Magister Manajemen Pendidikan) dengan melibatkan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengamati kualitas tenaga kerja melalui peran manajemn SDM yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Depok Sleman. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Sumber Daya Manusia dianggap semakin penting karena dalam pencapaian tujuan organisasi, maka berbagai pengalaman dan hasil penelitian dalam bidang Sumber Daya Manusia dikumpulkan secara sistematis dengan apa yang disebut dengan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Article Details

Section
Artikel

References

Arifin, Z. (2018). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Basuki Jaka Purnama. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 12, No. 2, Oktober 2016.

Fitriyah Ekawati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT. Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 3, No. 2, Desember 2018 M/1440 H.

Ita Nurmalasari. (2020). Peran Manajemen SDM Dalam Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, Vol. 2 No. 1 (2020), p. 33-44. Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo, Indonesia.

Munawar, M. (2019). Supervisi Akademik: Mengurai Problematika Profesionalisme Guru Di Sekolah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 135–155.

Murniati AR., (2008). Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perinti.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2018). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Wibowo, A. (2018). Study Komparasi Penyelenggaraan Pendidikan SMK ( Studi Kasus SMK Di Pondok Pesantren Lirboyo Al-Mahrusiyah Dan Di SMK PGRI 2. At-Tarbiyat:Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.