Strategi Kepala MTsN 1 Magelang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid -19
Main Article Content
Abstract
Mutu pendidikan sekolah/madrasah menjadi salah satu tolak ukur sebagian masyarakat dalam menentukan tempat belajar putra-putrinya, sisi lain lembaga pendidikan juga harus mampu merespon tuntutan ini sehingga keberlangsungan lembaga pendidikan tidak hanya menggugurkan kewajiban yang menerima dan melululuskan peserta didik. Menarik untuk diteliti, bahwa pada saat lembaga pendidikan yang lain masih disibukan dengan adaptasi kondisi darurat covid 19, tetapi MTs.N 1 Magelang menghadapi kondisi darurat ini justru dengan torehan prestasi yang luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana langkah strategies kepala madrasah MTs.N 1 Magelang dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi covid 19. Jenis penelitian ini adalah Diskriptif Kualitatif dengan Unit analisis adalah: Aktivitas Strategi Kepala MTs. Negeri 1 Magelang dalam menuingkatkan mutu pendidikan pada masa Pandemi Covid 19, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara Mendalam, Studi Dokumentasi dan Triangulasi. Untuk menguji keabsahan/validitas data penelitian. Sedangkan tahap analisis data, peneliti melakukan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi data triangulasi untuk mendukung kualitas kesimpulan informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs.N 1 Magelang berusaha mempertahankan dan menunjukan kualitas mutu pendidikanya dengan prioritas peningkatan prestasi madrasah yang dapat dilihat oleh masyarakat melalui keikutsertaan dan hasil perolehan prestasi di ajang kompetisi madrasah baik lokal, nasional maupun international, dan kenyataanya MTs.N 1 Magelang mampu menunjukan prestasi tersebut
Article Details
References
Aji, R. H. (2020, Mei 17). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. doi:DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Alizar, A., & Usman, Y. (2020, May 11). https://iap2.or.id/Kepemimpinan-Dalam-Kompleksitas-COVID-19/. Retrieved Oktober 30, 2020, from https://iap2.or.id/category/artikel/: https://iap2.or.id/
Ananda, R. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI.
Badan Pusat Statistik. (2019). Potret Pendidikan Indonesia, Statistik Pendidikan Indonesia 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Baharun, H., & Zamroni. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektifitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Yogyakarta: Deepublish.
Waka Kesiswaan, 2020. Daftar Prestasi MTs. N 1 Magelang