Kompetensi Manajemen Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Prima Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pustakawan pada dasarnya adalah orang yang ahli dalam bidang perpustakaan. Dalam kegiatan perpustakaan, pustakawan tentunya mempunyai tugas, fungsi yang harus dilaksanakan pustakawan tersebut agar perpustakaan dapat berlangsung secara optimal dan mampu memberikan kepuasan kepada pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi manajemen yang dikuasai seorang pustakawan mampu memberiakan layanan prima pada pemustaka di Sekolah Dasar Negeri Kemirirejo 1 Kota magelang. Metode penelitian menggunakan metode diskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan prima yang diberikan oleh pustakawan Sekolah Dasar Negeri Kemirirejo 1 benar-benar mampu menarik minat pemustaka untuk selalu berkunjung ke perpustakaan dan memberikan rasa kepuasan selama berkunjung. Pemberian layanan yang prima merupakan bentuk tanggung jawab seorang pustakawan yang professional. Penelitian ini disimpulkan dengan terpenuhinya seluruh komponen kompetensi manajemen pustakawan yang meliputi merencanakan program perpustakaan sekolah, melaksanakan program perpustakaan sekolah, mengevaluasi program perpustakaan sekolah, dan mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah dapat memberikan pelayanan prima perpustakaan SD Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang
Article Details
References
Kepala Perpustakaan Nasional RI. (2021). Peraturan Perpustakaan Nasional RI Nomor 2, Tahun 2021, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan.
Sungadi. (2021). Manajemen Layanan Perpustakaan terhadap Loyalitas mahasiswa pada Masa pandemic covid-19. Media Pustakawan,Volume 28 Nomor 1, halaman 62.
Qudussisara. (2016). Kompetensi Pustakawan Pengolahan. Libria, Volume 8 Nomor 2, halaman 225.
Juminingsih. (2019). Membangun Budaya Literasi Di sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak kabupaten Sukoharjoa Dalam mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Volume 29 Nomor 1.
Rahmawati, N. S, (2020). Meningkatkan Layanan Prima Di Era Disruptif: Tantangan Bagi Pustakawan.Visi pustaka, Volume 22 Nomor 3b halaman 181-189.
Departemen Pendidkan dan Kebudayaan. 1988. Kamus Umum Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Laila Rahmawati. (2015). “Kompetensi Pustakawan di Perpustakaan MTSn Negeri se-Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan”.
Riska Amalia. (2018). “ Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Di Perpustakaan Universitas Negeri Yigyakarta”. Yogyakarta:Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga.
Nur Caini. (2016). “Pengaruh kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Pemanfaatan Koleksi Di Perpustakaan Pada Peserta Didik SMP Negeri 26 makasar”. Makasar: Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin