Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Sole Di Era Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD Jepitu I

Main Article Content

Sugilir Sugilir

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas melalui pembelajaran dengan model SOLE (Self Organized Learning Environtments) untuk peningkatan hasil pembelajaran pada masa pandemic Covid-19 di SDN Jepitu I, Jepitu, Girisubo, Gunungkidul pada siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Penerapan pembelajaran SOLE bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bagi peserta didik dalam masa Belajar dari rumah. Metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model SOLE ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan pelaksanaan model pembelajaran SOLE adalah Question (Pertanyaan) untuk mendorong rasa ingin tahu peserta didik.  Tahap selanjutnya adalah Investigate ( Investigasi) agar peserta didik termotivasi untuk mengatasi permasalahan mereka secara berkelompok.  Tahap Review (Mengulas), pada bagian ini peserta didik mempresentasikan hasil penemuan mereka.  Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah aplikasi Zoom Cloud Meeting. Pembelajaran dengan model SOLE memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Proses diskusi, presentasi maupun penyusunan poster berjalan dengan baik dan lancar. Hasil rerata nilai tes akhir peserta didikmencapai 86,56 adapun KKM kelas empat di SDN Jepitu I adalah 70. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran telah mencapai ketuntasan.


 

Article Details

Section
Artikel

References

Anonim. 2020. Zoom Meeting: Definisi Hingga Cara Menggunakannya. Diambil pada tanggal 19 Mei 2020 dari https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/

Budianto, Jana dkk. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa SD melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz Team. Antologi PGSD. Vol. 1/no.3/2013.

Sarifudin, Saleh. 2019. Deskripsi dan Langkah Model Pembelajaran SOLE. Diambil pada tanggal 21 Mei 2020 dari

https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_1.pdf

Suharjito. 2020. Materi Diklat Selaras SOLE. P4TK Seni Budaya Yogyakarta

Supinah. 2016. Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi Koelompok Kompetensi D. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Winkel, W.S. 1987. Psikhologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.