Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Metode Project Base Learning Mind Mapping dan Video Tiktok Pada Materi Keanekaragaman Hayati
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui project base learning mind mapping dan video tiktok pada mata pelajaran biologi bab keanekaragaman hayati. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Kesehatan Wonosari pada kompetensi keahlian asisten keperawatan dan farmasi. Jumlah populasi 100 orang, dengan jumlah sampel 80 orang sesuai tabel Krejcie dan Morgan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji hipotesis (uji-t) taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode project base learning mind mapping dan video tiktok dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukan pada hasil uji t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 13,57 > 1,98 artinya sangat signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode project base learning mind mapping dan video tiktok mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode mind mapping merupakan metode yang sangat baik digunakan peserta didik dan pendidk untuk meningkatkan daya hafal terhadap suatu konsep materi melalui kreativitas berimajinasi yang bebas. Mind mapping bermanfaar untuk meringkas bahan ajar yang begitu banyak menjadi sedikit dan menarik untuk dibaca. Mind mapping juga dapat menjadikan peserta didik yang pasif menjadi aktif. Adapun video tiktok dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi peserta didik, menerapkan konsep belajar merdeka serta mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar karena mampu menghilangkan kejenuhan selama belajar dari rumah selama masa pandemi covid-19.
Article Details
References
Andari, K. D. W., & Al-Wahid, S. M. (2020). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Mind Mapping Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa Biokimia. Edukasia, 7(1), 51–58.
Anidah, N. (2021). Implementasu Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(2), 249–260. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983
Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1675–1682.
Buzan, T. (2011). Mind Mapp Untuk Meningkatkan Kreativitas. PT Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 231–239.
Lukman, L., Martini, K., & Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas Xi Ipa Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 113–119.
Mana, L. hayu A. (2021). Respon Siswa terhadap Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 418–429.
Mardiana, D., & Umiarso. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-19 : Studi di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 78–91.
Nasution, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Peta Pikiran (MIND MAPPING) pada Materi Sistem Regulasi Kelas XI IPA.3 SMAN 1 Rambah Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Rokania, V(2), 206–218.
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63