Inovasi Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Sebagai Virtual Class Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SD Negeri Magelang 7 Kota Magelang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana inovasi pembelajaran menggunakan Google Classroom sebagai virtual class pada peserta didik SD Negeri Magelang 7 Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang mana merupakan penelitian yang menceritakan fenomena – fenomena yang lebih bersifat alamiah. Sedangkan untuk teknik analisis data ini menggunakan triangulasi yaitu menggabungkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pembelajaran menggunakan google classroom sebagai virtual class di masa pandemi covid-19 sudah dapat dikatakan berjalan baik dan lancar. Hal tersebut dapat terlihat dari guru melakukan perencanaan sebelum melangsungkan kegiatan pembelajaran daring ini yaitu dengan menyiapkan prota, promes, silabus, RPP, hingga tugas sesuai dengan materi pembelajaran. Untuk membantu pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 ini guru menyiapkan media pembelajaran yang berupa video pembelajaran, gambar, ataupun materi ajar ajar berupa power point. Pada saat pelaksanaan pembelajaran, strategi, materi dan metode pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum namun tetap memperhatikan kondisi masa pandemi, sehingga peserta didik tetap dapat memahami materi yang disampaiakn oleh guru dengan baik. Peserta didik sudah dapat memanfaatkan Google Classroom sebagai media dalam pembelajaran daring dimasa pandemi dan tetap mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru melalui Google Classroom sehingga nilai – nilai tugas harian dapat tercapai. Sedangkan untuk evaluasi penggunaan Google Classrooom, guru melakukan evaluasi penilaian yang diamati secara online baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sesuai dengan standar penilaian yang berlaku.
Article Details
References
Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Skripsi Dipublikasikan. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta
Google for education tentang Google Classroom, (online) https://edu.google.com/products/classro om diakses tanggal 04 Agustus 2021.
Japar, dkk. 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. https://books.google.co.id/books?id=vHzYDwAAQBAJ&pg=PA165&dq=media+pembelajaran+pkn&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjgpuLygqLpAhVKSX0KHQHSBsYQ6AEIKTAA#v=onepage&q=media%20pembelajaran%20pkn&f=false. Diakses tanggal 1 Agustus 2021
Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual” ISBN : 978-602-5554-71-1
Miliatana, M.E. 2018. Media Pembelajaran Google Classroom . https://www.kompasiana.com/mariaerna watimillatana. Diakses pada 30 Juli 2021
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendeatan Ilmiah. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Rachayu, Imma, dkk. (2020). Optimalisasi system kelas virtual berbasis Google Classroom dan hipnoterapi. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2020: 1(3), 104-109
Sabran,dkk. (2020). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional
Shampa Iftakhar (2016). Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3, (Feb.) ISSN 2289-9855
Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sumiharsono, Rudy dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV Pustaka Abadi
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)
Yuksinau. 2019. Kelas Maya (Lengkap): Jenis, Tujuan, Manfaat, Contoh. https://www.yuksinau.id diakses pada 28 Oktober 2020