PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ALAT PERAGA BUSTUAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan alat peraga bustuan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kemiri I tahun pelajaran 2019/2020 materi volume kubus dan balok. Sebelum dilaksanakan penelitian hasil belajar siswa dirasa masih rendah. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi dan sampel adalah siswa kelas V SD Negeri Kemiri I tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 19 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilangsungkan dalam 2 siklus. Sintak dimulai dari orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan Individual maupun kelompok, Mengembangkan dan Menyajikan hasil karya, dan diakhiri dengan menganalisis dan mengevaluasi Proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui model Problem Based Learning menggunakan alat peraga bustuan berpengaruh positif terhadap partisipasi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa meningkat signifikan. Hasil evaluasi hasil belajar pada prasiklus ketuntasan belajar hanya mencapi 42% dengan rerata 67,63. Meningkat pada siklus I ketuntasan menjadi 53% dengan retata 69,21. Kembali meningkat pada siklus II ketuntasan belajar menjadi 74% dengan rerata 79,74. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan alat peraga bustuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Kemiri I.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Atmini Dhoruri. 2017. Matematika 5. Bogor: Quadra.
Kusnandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Raja Grafindo Persada.
Pardjono, dkk. 2007. Panduan Panelitian tindakan Kelas. Yogyakarta : Lembaga. Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Pitajeng. 2005. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Semarang: Depdiknas
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja.