Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar, (2) perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe tipe two stay two stray dan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian adalah quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII MTs Assalafiyyah Mlangi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E untuk kelas Eksperimen dan VIII F untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 44, diperoleh thitung = 3,573 > ttabel = 2.021. Karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: two stay two stray, pembelajaran langsung, hasil belajar
Article Details
References
Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. 2, 17–27.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Irwanto, E., & Setyaningsih, P. (2020). Metode Pembelajaran Langsung dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada hasil Pembelajaran pasing bawah Bola Voli.
Kurniawati, C., Sujadi, I., & Setiawan, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran matematika kelas VIIID SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2015/2016. 10–20.
Latumahina, F. G., Mataheru, W., & Huwaa, N. C. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ips Sma Xaverius Ambon Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( Tsts ) Pada Materi Trigonometri. 1, 1–6.
Margono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). Jakarta: Rineka Cipta.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.
Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu. Volume 1 Nomor 2 November 2017 | ISSN Cetak : 2580 - 8435, 1(November), 161–167.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sibawai, E. (2020). Penerapan Metode two stay-two stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIIIB di MTs Hadil Ishlah Bilebante Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widjarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.