KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONGKIWO DI YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Keberhasilan pendidikan dipengaruhi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja master, gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, dan hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan information melalui observasi, wawancara, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta dewan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru diawali dengan musyawarah antara kepala sekolah dengan wakil kepala sekolah dan guru senior dalam menyusun program sekolah pada awal tahun ajaran baru, memperdayakan guru sesuai dengan kemampuan dan kemauan guru, menjalin kerja sama, melengkapi sarana prasarana serta aktif); (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membina, membimbing guru dengan menggunakan gaya instruktif, konsultatif, partisipatif, delegatif dalam mengarahkan dan mempengaruhi guru untuk mencapai tujuan pendidikan; (3) Hambatan yang dihadapi Antara lain program pemerintah dan lembaya swadaya masyarakat tidak dapat mengakomodasi semua jenis pelatihan yang ada, dan tidak ada program pelatihan yang berkelanjutan, masih kurangnya sarana dan prasaran penunjang pembelajaran.
Article Details
References
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet ke-4, Jakarta : Kencana, 2016
Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga.Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teori Kinerja dan Pengukurannya, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2012)
Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta
Karwati, E. dan Priansa, D. J. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Alfabeta, Bandung
Kaswan. 2013. Membangun Tim yang Efektif dan Berkinerja Tinggi Melalui Kepemimpinan. CV
Makawimbang, Jerry H., Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung; Alfabeta, 2012
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung.
Sagala, S. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Alfabeta, Bandung.
Usman Husaini. 2013. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara