Bisnis Mentoring Sebagai Strategi Pengembangan Entrepreneurship Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Main Article Content

mei

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan berperan aktif dalam mempersiapkan lulusannya agar mampu bersaing di tengah persaingan global. Tuntutan dunia industri, dunia kerja dan dunia usaha yang selalu berubah, kian menuntut lembaga pendidikan untuk lebih menyiapkan lulusan yang kompetitif, kreatif dan inovatif dalam menghadapi perubahan dunia industri, dunia kerja maupun menciptakan peluang usaha. Menjembatani kesenjangan antara tuntutan dunia industri, dunia kerja dan dunia usaha, diperlukan strategi pengembangan Entrepreneurship sebagai usaha nyata menbentuk lulusan SMK yang memiliki hard skill dan soft skill.  Bisnis mentoring menjadi alternatif dalam mengasah kemampuan peserta didik dalam pembentukan jiwa Entrepreneurship, yaitu jiwa keberanian dan kemauan menghadapi problema hidup dan kehidupan yang serba dinamis. Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi bisnis mentoring dalam mengembangkan Entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan para informan. Hasil analisis menunjukkan bisnis mentoring telah memberikan pengaruh bagi mentee dalam membangun pola pikir, melatih tiap individu dalam bisnis, mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian bisnis mentoring memberikan keyakinan diri bagi mentee tentang cara kerja yeng lebih efisien, melalui keberanian mengambil tesiko, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan manajemen agar mampu bersaing dalam Revolusi Industri 4.0

Article Details

Section
Artikel

References

Amalina, A. (2020, September 5). Apa pentingnya mentor dalam bisnis untuk pemula. Mebiso.Com. https://mebiso.com/author/annisa-amalina/page/2/

Anjaningrum, W. D., & Yudistira Arya, S. (2016). Pengaruh entrepreneurship, business coaching, mentoring dan komunitas kreatif terhadap kinerja industri kreatif (studi pada industri kreatif yang tergabung dalam malang creative fusion). Jurnal Ilmiah Dan Bisnis Asia. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/19

Fajriana, M. (2020, Agustus). 3 Manfaat Memiliki Mentor untuk Sukses Menjalankan Bisnis. Fimela. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4316410/3-manfaat-memiliki-mentor-untuk-sukses-menjalankan-bisnis

Keadaan ketenagakerjaan indonesia agustus 2020. (2020, November 5). Badan Pusat Statistik.

Marcelina Gulla, T. (2018, July 30). Mentoring. UMKM Indonesia. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/75

Permendiknas no. 23 tahun 2006—Pendidikan terpadu.pdf. (n.d.).

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). IndustriI 4.0: Telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Puspitaningtyas, Z. (2018). Model inkubator entrepreneurship berbasis teknologi pada sekolah menengah kejuruan negeri 3 bondowoso,. Seminar Nasional Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis VIII, Untar, Jakarta. https://www.researchgate.net/publication/325540226_MODEL_INKUBATOR_ENTREPRENEURSHIP_BERBASIS_TEKNOLOGI_PADA_SEKOLAH_MENENGAH_KEJURUAN_NEGERI_3_BONDOWOSO

Rusdiana. (2018). Kewirausahaan teori dan praktik (Cetakan ke-2). CV Pustaka Setia. http://digilib.uinsgd.ac.id/8783/1/Buku%20Kewirausahaan%20Teori%20dan%20Praktek.pdf

Setyawati, C. Y. (2016). Dampak mentoring pada keberhasilan start-up business: Studi kasus pada start-up business di Indonesia. Derema Jurnal Manajemen,. Universitas Ciputra, Surabaya. . https://ojs.uph.edu/index.php/DJM/article/view/236

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. CV. Nata karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf

Sitepu, S. N. B. (2016). Kolaborasi dan inovasi pada kegiatan mentoring dan eksekusi bisnis untuk mendorong keberhasilan start-up bisnis. Lecture Papers International Publised Articles. Universitas Ciputra. https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/770