Pentingnya Asesmen Berbasis Android Sebagai Alternatif di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 1 Sukoharjo
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya asesmen berbasis android untuk kegiatan pembelajaran sekaligus memantau perkembangan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. subjek dalam penelitian ini terdiri dari orang tua siswa, kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran SD Negeri 1 Sukoharjo. Setelah dilaksanakan penelitian ini diperoleh hasil bahwa dengan menerapkan pembelajaran daring berbasis android pembelajaran menjadi lebih efektif karena mempermudah siswa untuk mendapatkan materi pelajaran beserta tugas sekolah dan mempermudah guru dalam memberikan materi pelajaran, tugas sekolah, dan dapat melakukan penilaian terhadap siswa. Selama melaksanakan BDR (Belajar di Rumah) aplikasi yang digunakan adalah whatsapp, classroom, dan google meet. Kekurangan pembelajaran daring ini yaitu sinyal tidak stabil, tidak adanya kuota untuk mengakses internet, belum faham teknologi, android digunakan oleh orang tua yang bekerja sehingga tidak mengikuti pembelajaran daring tepat waktu, atau bahkan tidak punya android sehingga harus meminjam kepada orang terdekat agar dapat mengikuti pembelajaran daring.
Article Details
References
Agus, S., Andian, A. A., Annisa, R., Arief, W., Asep, H., Briant, S. J., et al. (2020). Booklet pembelajaran daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Andina, A., & Nurus, S. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di indonesia. Jurnal psikologi. Vol. 13, No. 2, pp. 214-225.
Dzulfiqar, R. A., & Sutama. (2020). Kreativitas pembelajaran daring untuk pelajar sekolah menengah dalam pandemi covid-19. Journal of informaticsand vocational education (JOIVE), Vol. 3, No. 2, pp. 70-75.
FAQ-kementerian kesehatan republik indonesia. (2020). Online. www.kemenkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html
Harni, K., & Nicky, S. P. S. (2016). Aplikasi edukasi budaya toba samosir berbasis android. Jurnal teknik informatika. Vol. 9, No. 1, pp.9-18
Iqbal, F. A. (2020). Asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19) di indonesia. Jurnal pedagogik, 1, 195-222.
Marilin, K., Ruly, N. S., & Erliza, S. N. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di provinsi lampung. Jurnal idaarah, Vol. 4, No. 2, pp. 200-209.
Pengelola web kemendikbud. (2020). SE mendikbud: pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Online. www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Rio, E. P., & Sri, M. (2020). Pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19. Gagasan pendidikan indonesia, Vol. 1, No. 2, pp. 49-59.
SMK perintis adiluhur. (2019). Pengertian smartphone. Online. https://smkperintis.sch.id/2019/10/07/smartphone/