Penanaman Karakter Mandiri dan Tanggungjawab Melalui Permainan Tradisi Onal Dakon Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Among Siwi Bracan Tirtomulyo Kretek Bantul Yogyakarta

Main Article Content

Daliyah Daliyah

Abstract

Penanaman nilai karakter pada anak usia dini merupakan hal paling dalam membentuk kepribadian anak sejak dini terutama karakter mandiri dan tanggung jawab, hal ini berkaitan dengan pedoman pembentukan kebiasaan positif yang berperan sebagai dasar pengetahuan untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penanaman  pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab melalui permaian tradisional dakon pada anak usia dini di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data berupa kuesioner/angket yang terdiri dari 5 butir pertanyaan terkait penanaman pendidikan karakter anak usia dini dengan melalui permaian tradisional dakon dengan melalui bantuan orang tua mengajak anak yaitu dengan bermain permainan tradisional  dakon sedangkan orang tua mengamati anak selama permaian berlangsung, Setelah pengamatan maka orang tua dengan jujur menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh peneliti melalui angket yang meliputi mandiri dan tanggung jawab.Pelaksanaan dilaksanakan di Kelompok Belajar Among Siwi, Bracan, Tirtomulyo dengan jumlah peserta 11 anak usia dini, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kuantitatif berupa persentase, dari data yang didapatkan diperoleh presentase aspek penanaman pendidikan karakter berada pada kategori mulai berkembang dengan hasil 48% aspek mandiri, dan 42% aspek tanggung jawab, sehingga perolehan hasil rata-rata penanaman karakter selama pandemi covid-19 berada pada kategori mulai berkembang dengan  nilai presentase 45%.Setelah diadakan inovasi dengan menggunakan media permaiana tradisional dakon maka diperoleh hasil mandiri 80% dan 82% untuk tanggung jawab dengan bantuan orangtua sehingga penelitian ini dianggap signifikan karena bisa meningkatkan penanaman karakter mandiri dan tanggung jawab pada anak usia dini di kelompok belajar Among Siwi, Bracan, Tirtomulyo, Kretek, Bantul , Yogyakarata.


 

Article Details

Section
Artikel

References

DAFTAR PUSTAKA

Amalina. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 538-548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i 1.592

Bibigul, A., Orynkul, S., Lyudmila, K., & Aelita, S. 2015. The Rating System of the Rural School Pupils’ Assessment of the Republic of Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1152–1158. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201 5.0%204.127

Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 373-384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i 1.548

Fitri, Mardi. 2020. Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal. Volume 2, No. 2, 68-82 https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.15 91

Fitriyah, Fifi Khoirul., & Budi Purwoko. 2017. Youth Narcissistic And Aggression: A Challenge For Guidance And Counseling Service In University. ICEI Volume 173 nc/4.0/. http://creativecommons.org/license s/by

Hidayah, Devi S. N & Kuswanto, Cahniyo W. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak An-Nahl Bandar Lampung. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1 https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v3i01.3080

Latifah,dkk. Tanpa Tahun. Gambaran Penanama Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Oleh Guru Di Lembaga PAUD Adzkia Iii Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ pnfi/

Macmud,M.(2016).Tuntunan Penulisan Tugas Akhir BerdasarkanPrinsi DasarPenelitian Ilmiah. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/researc h-report/article/view/872

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Novena, V. V., & Kriswandani,K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v 8.i2.%20p189-196

Oktaria, Renti & Putra, Purwanto. 2020. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 1(2020) p-ISSN 2337-8301; e- ISSN2656-1271 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ paud/index

Pramana, Cipta. 2020.Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2 Juli 2020 e-ISSN: 2655- 6561 http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.p hp/IJEC

Reswita. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017. https://doi.org/10.31849/paudlectur a.v1i1.506

Riyadi, Eko Nur. 2016. Tingkat Kemandirian Anak Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu Mutiara Insani Brosot Galur Kulon Progo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan

Scherer, R., & Siddiq, F. 2019. The relation between students’ socioeconomic status and ICT literacy: Findings from a meta- analysis. Computers & Education, 138,13–32.https://doi.org/10.1016/J.COMPED U.2 019.04.011