Penggunaan Aplikasi Fun Quiz (Quizizz) untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 11 SMA Kesatuan Bangsa Bantul, Yogyakarta

Main Article Content

Nurohman Nurohman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya seorang guru mengetahui tentang media pembelajaran berbasis internet dan teknologi yang efektif, menyenangkan dan disukai oleh siswa-siswa saat ini, dan melihat kenyataannya banyaknya guru yang belum mengetahui media pembelajaran berbasis internet dan teknologi di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti salah satu media pembelajaran berbasis internet dan teknologi yaitu Penggunaan Aplikasi Fun Quiz (Quizizz) untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 11 di SMA Kesatuan Bangsa, argomulyo, sedayu, Bantul. 


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kesatuan Bangsa Bantul yang beralamat di Jalan Wates km 10 Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 di SMA Kesatuan Bangsa Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, waktu, dan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 


Temuan atau Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan Aplikasi Quizizz membuat pembelajaran lebih efektif, menyenangkan dan disukai oleh siswa sehingga dapat meningkatkan tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 11 di SMA Kesatuan Bangsa, Bantul, Yogyakarta.

Article Details

Section
Artikel

References

Ambar Ismara Mula Darisman, Purwati Kuswarini Suprapto, Rinaldi Rizal Putra (2020). IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(2), 2020, 68-72

Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27

Agung setiawan dkk. “Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X Ipa 7 SMA Negri 15 semarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS,2019.

Setyawan, D. H. (2018). Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Wahyudi, Intan Sari Rufiana, Dwi Avita Nurhidayah (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Tersedia online di http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa

Zakky. (2018). Pengertian Instrumen Penelitian Menurut Para Ahli (Arikunto, Sugiyono, dkk). In www.zonareferensi.com

Unik Hanifah Salsabila, Iefone Shiflana Habiba,Isti Lailatul Amanah, , Nur Asih Istiqomah, Salsabila Difany (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. Volume 4 Nomor 2 Desember 2020

Isratul Aini, Yulia. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan 2.25 (2019).

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A.Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1.8 (2019)

Noor, S. Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati 6.1 (2020): 1-7.

Marsye Fera Kalahatu (2021). PERSEPSI PESERTA PELATIHAN DASAR TERHADAP PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN. Url Jurnal: https://uia.e-journal.id/akademika/article/1228