Menejemen Perkembangan Siswa SDI Epubele Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Di Tengah Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui manajemen perkembangan siswa SDI Epubele melalui peran guru dan orang tua di tengah pandemi Covid-19. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil wawancara dengan guru dan orang tua siswa mengenai manajemen perkembangan Siswa melalui peran guru dan orang tua di tengah pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan secara online melalui via telephone dan Whatsaap. Berdasarkan hasil wawancara dari guru dan orang tua di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh (online) akan tetapi di SDI epubele tidak memungkinkan pembelajaran terjadi secara online karena keterbatasan jaringan internet sehingga penerapan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode offline namun tetap melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR). Dengan metode belajar dari rumah peran guru dan orang tua sangat penting serta begitu mendasar dalam mendukung proses perkembangan siswa belajar dari rumah. Kedua pihak harus membangun kolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar dari rumah.
Article Details
References
Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07
Apriliana, E. S. (2017). Pendampingan Anak dalam Keluarga di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah - S1, 287–298.
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of Missouri-St Louis.
Cahyati N & Rita K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1), 2549-7367
Deslandes R, & Barma S. (2016). Revisiting the Challenges Linked to Parenting Home-School Relationship at the High School Level. Canadian Journal of Education, 39(4), 1-32
Dewantara, K. H. (1961). Ilmu Pendidikan. Taman Siswa.
Dwivedi, A., Dwivedi, P., Bobek, S., & Sternad Zabukovšek, S. (2019). Factors affecting students’ engagement with online content in blended learning. Kybernetes, 48(7), 1500–1515. https://doi.org/10.1108/K-10-2018-0559
Haerudin, H., Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Stastistika Inferensial, 1–12.
Hamalik, O. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Lilawati A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).doi: 10.31004/obsesi.v5i1.630
Moh. Dwi Kurniyawan, Sultoni Sultoni, A. S. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p192
E. Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, F. R. A. I. D. D. N. B. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 182–191. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p182
Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Rajawali Pers.
Rina D., M., & Yurdayanti Y. (2019). Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik. BangkaBelitung: Stkipmbbpres
Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). 1–21. www.hukumonline.com
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.
Suhardono, E. (2016). Teori Peran: Konsep, Derivasi dan Implikasinya. Gramedia Pustaka Utama
Sukitman, Tri. (2018). Tafsir Tematik Tentang Motivasi Pendidikan. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. Volume: 2 Nomor: 1 Tahun 2018
Valeza & Alsi R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.
Wajdi, F. (2020). Nilai-Nilai Karakter Etnis Bajo Relevan Dengan Nilai Karakter Bangsa. Makassar: Yayasan Barcode
Wang, M.,T, & Khalil S S. (2014). Does Parental Involvement Matter for Student Achievement and Mental Health In High School. Child Development, 85(2), 610-625
Wright, T. (1987). Roles of Teachers & Learners: Oxford University Press. USA.