Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri–N dalam Pembelajaran Kosakata dan Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! Sebagai Media Asesmen
Main Article Content
Abstract
Ajaran tamansiswa Tri-N merupakan konsep pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara yang terdiri atas niteni, nirokake dan nambahi. Penelitian ini berfokus pada implementasi ajaran tamansiswa Tri–N untuk meningkatkan kosakata dalam pembelajaran bahasa inggris dan pemanfaatan aplikasi Kahoot! sebagai media asesmen. Dengan niteni, siswa mencari kejelasan dari kosakata yang dipelajari melalui proses pencarian makna dengan cermat. Pada proses nirokke, siswa meniru persis pengucapan dan makna yang dipelajari. Kemudian dalam proses nambahi, siswa mencoba untuk menjadi kreatif dalam membuat kalimat dengan pengetahuan yang telah diperoleh saat proses niteni dan nirokke. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi ajaran Tri-N dalam pembelajaran kosakata dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata baru. Model pembelajaran di lakukan secara bertahap yaitu Pertama, menemukan makna (Niteni). Siswa mengidentifikasi kosakata baru dan mencari maknanya. Kedua, menghafalkan makna (Nirokke). Setelah siswa mengetahui arti suatu kata dibutuhkan proses penghafalan yaitu siswa berlatih menirukan pengucapan yang benar dan menggunakan kosakata tersebut. Ketiga, mengaplikasikan dalam kalimat (Nambahi). Setiap kata yang sudah dihafal, siswa mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat dengan cara menambahkan kosakata yang sudah dihafal pada kalimat tersebut. Untuk menguji pemahaman mereka, penulis memanfaatkan aplikasi Kahoot!.
Article Details
References
Astini, N. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3. 241-255. 10.37329/cetta.v3i2.452.
Buku kecil Tamansiswa, http://www.yk-edu.org. Diakses pada tanggal 15 Desember 2020.
Cahyani, Adhetya & Listiana, Iin & Larasati, Sari. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam. 3. 123-140. 10.37542/iq.v3i01.57.
Dakhi, S. & Fitria T. N. (2019) The Principles and the Teaching of English Vocabulary: A Review. Journal of English Teaching, Volume 5 (1), February2019. English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Kristen Indonesia, Indonesia.
Dewantara, Ki Hadjar. (1964). Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa . Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Djohar & Istiningsih. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Lentera.
Elihami, E. (2019). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompokdalam Meningkatkan Higher Of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 79-86.
Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal edukasi nonformal, 1(2), 16-31.
Harmer, Jeremy, 1995. The Practice of English Language Teaching: Longman.
Hatch, E.M. dan C. Brown. (1995). Vocabulary Sentence and Language Education. Cambridge: Cambridge University Press.
Hughes, R., & Reed, B. S. (2016). Teaching and researching speaking: Taylor & Francis.
Muliawati, I., & Ismail, N. M. (2017). Intricacies in Vocabulary Intake For EFL Adult Learners. Paper presented at the CONFERENCE PROCEEDING
Nation, I. S. P. (2001). Learning vocabulary in another language. Cambridge: Cambridge University Press.
Nin, E. L. Q., & Dhamotharan, M. (2019). Vocabulary Journaling To Improve Reading Comprehension. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(5) 173-190.
Nunan, D. (2017). Does learner strategy training make a difference? Lenguas Modernas(24), 123-142.
Nurdini,Husna & Leni Marlina (2017). Vocabulary Journal As A Learning Tool For Students In Learning Vocabulary Through Reading At Junior High School. Journal of English Language Teaching Volume 6 No. 1 Serie D. available at http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt
Richard, Jack C and Willy A Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge University.
Sera, L., & Wheeler, E. (2017). Game on: The gamification of the pharmacy classroom. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 9(1), 155–159.
Sugiyono. (2013). Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, D. A., & Nashori, F. (2011). Psikologi Islam Solusi Islam Atas Problem- Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Yohana Dini Trisnani (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Ngaliyan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Tarigan, Henry Guntur. (2001). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Yanti, Cita Hikmah. (2018) Academic Vocabulary Mastery And Perception For Efl Students Of Universitas Bina Darma. Holistics Journal, Volume 10, Number 19 June 2018, ISSN: 2085-4021. Universitas Bina Darma.
Yunawan, Ipung Kurnianto. (2014). Niteni, nirokne, nambahi sebagai proses berpikir kreatif, Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol. 2.N0.2/Oktober 2014.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.