Efektivitas Sarana Informasi Pembelajaran Dan Asesmen Melalui Student Information System (SIS) Edunav Di SMP Kesatuan Bangsa
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Penelitian dilakukan di SMP Kesatuan Bangsa yang berada di kecamatan Sedayu kabupaten Bantul untuk mengetahui Efektivitas Sarana Informasi Pembelajaran Dan Asesmen Melalui Student Information System (SIS) Edunav Di SMP Kesatuan Bangsa. Populasi pada penelitian ini adalah guru, orang tua dan peserta didik SMP Kesatuan Bangsa yang diambil dengan metode proposional sampling. Penelitian dilakukan sejak bulan Juni hingga Juli 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan sumber data dan informan yaitu siswa, guru dan orang tua. Data yang diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data ini akan di uji validitas dengan triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: Student Information System Edunav sangat efektif digunakan pada saat pembelajaran daring dan sebagai sarana informasi modern.
Article Details
References
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya
Istiqamah, dkk. 2021. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Yogyakarta: community empowerment.
Hasrah, H. 2019. Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN. Makassar: Phinisi Integration Review.
A. Al-Hunaiyyan, A. Bimba and S. Al-Sharhan, 2020. "A cognitive knowledge-based model for an adaptive e-advising system.," Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management (IJIKM), Volume 15, pp. 247-263.
A. Al-Hunaiyyan, S. Al-Sharhan and R. Al-Hajri, 2020 "Prospects and Challenges of Learning Management Systems in Higher Education," International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), Vol. 11, No. 12, pp. 73-79.
A. Al-Hunaiyyan, S. Al-Sharhan and R. Al-Hajri, 2020. “Gender Differences in the Perception of a Student Information System”. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), Vol. 11, No. 12, pp. 72-74
Zamroni, Y.S, Haryanto, 2020. School Curriculum Planning in Integrating National and International Curriculum: A Case Study at Kesatuan Bangsa High School Yogyakarta. Journal of educations. 50-52
Akhiruddin, H. Susilo & Ibrohim (2016). “Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 1 (10), 1964-1968. EISSN:2502-471X. tersedia pada: http://journal.um.ac.id /index.php/ diakses tanggal 20 Maret 2018 Alfiari (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keerampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 1 Gerung Tahun Ajaran 2016/2017” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (4), 1-9. Tersedia pada: http://fkipunram.rf.gd/ifkip3.php?nim =E1Q012004. diakses tanggal 26 Juni 2018
Insyasiska, D., S. Zubaidah & H. Susilo. (2015). “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi”. Jurnal Pendidikan Biologi 7 (1) 9-21 tersedia pada: http://journal2.um. ac.id/index.php/ diakses tanggal 14 Juni 2017