IMPLEMENTASI KELAS MAYA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI CACABAN 5 KOTA MAGELANG

Main Article Content

septiana wulandari

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kelas maya pada masa pandemic Covid-19 di SDN Cacaban 5 Kota Magelang.  Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi (suber dan teknik/metode) menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring menggunakan google meet pada masa pandemic Covid-19 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Kegiatan pembelajaran berfokus pada peningkatan dan pengembangan kemampuan serta keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran daring. Terdapat respon positif dari orang tua dan siswa terhadap kegiatan pembelajaran  daring dilakukan oleh guru pada masa pandemic Covid 19 ini.

Article Details

Section
Artikel

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

Anderson, O. W. & Krath wohl, D.R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N., 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Batubara, H. H. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni 2016; ISSN : 2085-0034

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic: Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Kuntarto, E. (2017). Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi”. Journal Indonesian Language Education and Literature / ILE&E/Vol.3 No. 1

Kusaeri & Suprananta, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 5(1).