Inovasi Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 Di SDN. 1 Masohi Maluku Tengah

Main Article Content

Sylvia Grandis

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang signifikan pada bidang pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 merubah aktivitas pembelajaran sekolah dari awal berupa tatap muka menjadi pembelajaran berbasis daring. Dampak negatif pembelajaran daring dirasakan oleh civitas pendidikan dimana salah satunya yaitu adanya penurunan motivasi belajar siswa. Lebih lanjut diperlukan metode inovasi pembelajaran daring agar siswa termotivasi untuk belajar dengan tetap mengutamakan kualitas penyampaaian materi sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru dalam membuat model pembelajaran yang inovatif serta kreatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SDN. 1 Masohi, Maluku Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan motivasi belajar siswa diantaranya yaitu dengan cara meningkatkan kualitas jaringan internet, melakukan efisiensi dan efektifitas durasi waktu penyampaian materi pembelajaran daring, serta mengoptimalkan instrumen audio dan visual untuk mendukung proses pembelajaran daring. Durasi pembelajaran daring yang ditunjang dengan instrumen audio visual dapat memotivasi siswa untuk dapat memahami materi dengan mudah.

Article Details

Section
Artikel

References

Andri, R. M. (2017). Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, Volume 3 Nomor 1, halaman 122-129.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 Nomor 1, halaman 123-140.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, Volume 6 Nomor 2, halaman 214 224.

Sari, D. A., Misbah, H. & Ridwan, I. Q. (2020). Peran Guru dalam Membuat Model Pembelajaran Daring Yang Inovatif Dan Kreatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2020 Universitas Muhammadiyah Jakarta, 7 Oktober 2020, halaman 1-12.

Syamsuddin. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid 19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Inpres 1 Tatura Kota Palu. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 4 Nomor 1, halaman 45-50.

Khan, S. (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Group. https://doi.org/10.1111/edth.12072.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal Visipena, Volume 8, Nomor 1, halaman 131-146.

Puteri, W.A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada SDN 1 Serayu Larangan. Abdipraja: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, halaman 122-129.

Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Volume 7, Nomor 3, halaman 269-282.