Peran Guru dan Orangtua dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Jurnal Harian pada masa pandemi covi 19
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah tugas bersama antara sekolah, keluarga dan masyarakat. Keluarga mempunyai peran penting dalam membentuk karakter anak karena merupakan media yang pertama baginya. Selain itu yang tidak kalah penting adalah organisasi sekolah. . Orang tua dan guru harus berkolaborasi dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa siswa kelas IV di SD Salsabila Baiturahman dimasa pandemi covid -19. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif diskriptif objek penelitian yaitu siswa kelas IV Salsabila Baiturahman, teknik pengumpulan data yaitu telaah dokumen dan angket dengan menggunakan goegle form. Pengumpulan data dengan menggunakan jurnal harian dan angket. Pengambilan data dilakukan melalui daring mengingat masih dimasa pandemi .Tujuanya untuk memperoleh catatan tentang karakter disiplin dan jujur yang telah dilaksanakan selama pembelajaran daring. Hasil penelitian peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak adalah peran guru sebagai katalisator, kreator, motivator, inspirator,dan evaluator, kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur terjalin baik secara langsung dan tak langsung.
Article Details
References
(Amalina. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021)Pages538-548.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Tantangan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, https://aceh.tribunnews.com/2020/10/09/tantangan-pendidikan-karakter-di-masa-pandemi
Albertus, Doni Koesoema. 2016. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Effendy, Muhadjir. 2016. Arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Hotel Santika, Jakarta, 27 September 2016. (transkrip rekaman Kemdikbud).
Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021)Pages373-384.https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Dyah Sriwilujeng, Panduan Implementasi Penguatan Pen Pendidikan Karakter (Jakarta:Erlangga,2017),12.
Hasan, Said Hamid, dkk,. 2017. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (Jakarta: 2017), 16.
Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. 2016. Jakarta: Kemdikbud
Leni Novita, dkk. Pengaruh Iklim Keluarga dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Karakter Remaja Perdesaan, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 2, Oktober 2015, h. 190
Oktaria, Renti & Putra, Purwanto. 2020. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia DiniSaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 1(2020) p-ISSN 2337-8301; e-ISSN2656-1271http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Thomas Lickona, Education For Caharacter: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016), h. 323