Manajemen Pembelajaran Seni Tari dalam Rangka Mengembangkan Kreativitas Siswa SMK sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengidentifikasi hambatan guru dalam pengembangan kreativitas dalam pembelajaran seni tari siswa SMK, dan (ii) menjabarkan hal apa saja yang dapat memantik kreativitas siswa SMK dalam pembelajaran seni tari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan subjek penelitian merupakan pengajar seni tari untuk Sekolah menengah kejuruan (SMK) di Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2021. Data penelitian berupa lembar observasi yang diisi oleh peneliti untuk melihat aspek-aspek dalam pembelajaran seni tari. Lembar observasi tersebut dikelompokkan, dianalisis, dan didukung oleh wawancara. Penelitian ini memunculkan beberapa temuan penghambat pengembangan kreativitas dalam pembelajaran seni tari. Hal tersebut adalah (i) kemampuan guru yang terbatas dalam menguasai pengetahuan bahan ajar pembelajaran seni tari, (ii) kemampuan guru mengoptimalkan potensi dan menyusun instrumen evaluasi dalam proses pembelajaran, (iii) fasilitas dan sarana penunjang pembelajaran yang belum memadahi, dan (iv) ruang eksbisi yang terbatas dan referensi dari lingkungan sebagai modal budaya. Dalam rangka untuk mengembangkan kreativitas siswa sebagai upaya dari pendidikan karakter, ada 3 usulan yang diajukan. Usulan tersebut adalah (i) seorang guru perlu membuat materi memantik keingintahuan siswa, (ii) pemanfaatkan media sosial sebagai tempat aktualisasi diri, dan (iii) menciptakan daya saing dalam upaya mengembangkan kreatifitas siswa.
Article Details
References
Antika, Cicilia Rindi. 2019. Tingkat Kreativitas Siswa dan Implikasinya terhadap Program Pengembangan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Pendidikan 2019 Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Surabaya.
Jamarah dkk, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Manajer. Jakarta: Rineka Cipta.
Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Kusumasturi, Eny. 2010. Pendidikan Seni Tari Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Yogyakarta: Harmonia.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nursito. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Mitra Gama Widya.
Rachmawati, Yeni, dkk. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana.
Ria, Endah Restika. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tari Menggunakan Rangsangan Lagu dalam Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah Dasar. Universitas Jambi.
Saefullah, U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Slamet, PH. 2001. Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni. Makalah Lokakarya dan Seminar Nasional Pendidikan Seni. Jakarta. 18-20 April 2001.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syakharuni. 2018. Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Tari Berbasis Seni Budaya Bagi Siswa SMA di Makassar. Universitas Negeri Makassar
Utomo, Kamsidjo Budi. 2016. Model Manajemen Pendidikan Seni yang Efektif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Negeri Semarang.