Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila Siswa SDN Jepitu III Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Buku Pendamping Pancasila

Main Article Content

NUR PRAYITNO

Abstract

Abstrak: Penelitian dilakukan di SD Negeri Jepitu III Girisubo yang berada di kabupaten Gunungkidul untuk mengetahui keberhasilan upaya meningkatkan pemahaman nilai – nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran kelas V SD Negeri Jepitu III Girisubo pada masa pandemic covid 19 dengan menggunakan buku pendampingan pendidikan Pancasila. Obyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Jepitu III Girisubo. Penelitian dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2021. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil beberapa kesimpulan seperti berikut ; Implementasi nilai – nilai Pancasila dalam kegiatan pembeajaran sudah cukup baik. Guru berupaya meningkatkan pemahaman nilai – nilai Pancasila dengan menyusun buku pendampingan pendidikan Pancasila. Guru mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan memasukkannya dalam metode mengajar, sikap terhadap siswa, dan kegiatan rutin sekolah. Guru selalu mengingatkan siswa yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Faktor pendukung dari implementasi nilai-nilai Pancasila yaitu adanya kesadaran, dan dukungan dari kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, serta lingkungan sekolah yang mendukung. Hambatan yang dihadapi sekolah yaitu adanya beberapa anak yang sulit dinasehati dan kebiasaan anak diluar sekolah yang kurang baik. Sekolah mengatasi hambatan tersebut dengan terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada anak.


Kata kunci: Nilai, Pendidikan, Pancasila


 


Abstract: The study was conducted at SD Negeri Jepitu III Girisubo located in Gunungkidul district to determine the success of efforts to improve understanding of Pancasila values ​​in class V learning activities at SD Negeri Jepitu III Girisubo during the covid 19 pandemic by using the Pancasila educational assistance book. The objects of this research are the fifth grade teachers and students of SD Negeri Jepitu III Girisubo. The research was conducted from July to August 2021. This type of research is descriptive qualitative research. Data was collected by means of interviews, observation, and documentation. Based on the results of the study, several conclusions can be drawn as follows; The implementation of Pancasila values ​​in learning activities is quite good. The teacher seeks to improve understanding of Pancasila values ​​by compiling a Pancasila educational assistance book. Teachers implement Pancasila values ​​by including them in teaching methods, attitudes towards students, and routine school activities. Teachers always remind students who violate the values ​​of Pancasila. Supporting factors for the implementation of Pancasila values ​​are awareness and support from school principals, teachers, education offices, and a supportive school environment. The obstacles faced by schools are the presence of some children who are difficult to advise and the habits of children outside of school are not good. Schools overcome these obstacles by continuing to do habituation, guidance, and coaching to children.


Keywords: Values, Education, Pancasila

Article Details

Section
Artikel

References

Implementasi nilai - nilai Pancasila siswa sekolah dasar pada masa pandemi covid 19.