Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Songbanyu I Girisubo Gunungkidul

Main Article Content

sri nurani

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Songbanyu I yang berada di Kecamatan Girisubo kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN Songbanyu I Girisubo Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif merupakan langkah kerja untuk mendeskripsikan suatu objek fenomena, atau seting sosial berwujud suatu tulisan berbentuk naratif, Djam’an dan Khomariah, (2013:28). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru melakukan beberapa inovasi dalam pembelajaran di era pandemi diantaranya. Inovasi itu diwujudkan dalam membuat RPP berbasis blended learning dengan tahapan tahapan kegiatan pembelajarannya terdiri dari sintaks seeeking of information, acquisition of information dan synthesizing of knowledge. Kegiatan yang disusun dalam RPP dimulai dari proses pencarian informasi, kemudian diskusi serta evaluasi pembelajaran. Guru juga menggunakan berbagai teknik pembelajaran. Inovasi guru dalam proses pembelajaran di wujudkan melalui pembelajaran kombinasi antara pembelajaran tatap muka dan daring atau dikenal dengan blended learning.Siswa yang terkendala dengan pembelajaran secara daring, maka guru berinovasi melalui pembelajaran tatap muka seperti melalui kunjungan rumah atau home visit yang digunakan untuk berdiskusi dengan siswa dan orang tua siswa. Dengan harapan guru orang tua siswa dapat mendampingi proses belajar siswa selama di rumah.


Kata kunci: inovasi, pembelajaran daring, covid-19


 


Abstract: This research was conducted at SD Negeri Songbanyu I in Girisubo District, Gunungkidul Regency. This study aims to determine online learning innovations during the covid-19 pandemic at SDN Songbanyu I Girisubo Gunungkidul. This research is a descriptive research study using a qualitative approach. Descriptive qualitative research is a work step to describe a phenomenon object, or social setting in the form of a narrative writing, Djam'an and Khomariah, (2013: 28). Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the teacher made several innovations in learning in the pandemic era including. This innovation is manifested in making RPP based on blended learning with the stages of learning activities consisting of the syntax of seeking of information, acquisition of information and synthesizing of knowledge. The activities arranged in the lesson plan start from the process of finding information, then discussion and evaluation of learning. Teachers also use various learning techniques. Teacher innovation in the learning process is realized through combined learning between face-to-face and online learning or known as blended learning. Students who are constrained by online learning, the teacher innovates through face-to-face learning such as through home visits or home visits which are used to discuss with students and parents of students. With the hope that the teacher's parents can accompany the student's learning process while at home.


Keywords: innovation, online learning, covid-19

Article Details

Section
Artikel

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Dokumen surat edaran nomor 4 tahun 2020. Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona virus Disease (Covid -19 ) dalam foramat PDf ditandatangani menetri pendidikan dan kebudayaan

Iriansyah, H. S. (2020, November). Membangun Kreatifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 1-6).

Kurniawan, A. R. (2021). Home Visit Method Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Min 3 Musi Rawas (Doctoral dissertation, universitas jambi).

Novita sari,D,&asbari,M. (2020). Peran kesiapan untuk berubah terhadap kinerja guru dimasa pandemi Covid-19.jurnal of Industrial engineering & manajemen research.I(2),219-237

Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 472-484.

Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 9(1), 52-68.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214-224.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang : Prenamedia Group.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020, December). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (No. 1, pp. 77-92).

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(2).

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun kemandirian belajar mahasiswa melalui Blended Learning di masa pandemi covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).

Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.