Inovasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Guna Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Pada Membelajaran Matematika Kelas V

Main Article Content

niken rohayati

Abstract

Abstrak: Penelitian dilakukan di SD Negeri Pucung yang berada di Kecamatan Girisubo kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Pucung Girisubo dengan memanfaatkan aplikasi Canva sebagai salah satu inovasi pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Inovasi pembelajaran yang digunakan adalah memanfaatkan aplikasi canva. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat kepada peserta didik serta mempermudah peserta didik dalam mengakses pembelajaran. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi canva selama pandemi Covid-19 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri Pucung Girisubo, dibuktikan dengan hasil tes pada akhir siklus I terdapat    10 peserta didik dengan persentase ketuntasan sebesar 59% dan mengalami peningkatan persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 84% dari 16 peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa target persentase ketuntasan peserta didik telah melebihi dari nilai batas minimal.


Kata kunci: Aplikasi Canva, Pembelajaran, Matematika


 


Abstract: The research was conducted at Pucung State Elementary School in Girisubo District, Gunungkidul Regency. This study aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes for fifth grade students of SD Negeri Pucung Girisubo by utilizing the Canva application as one of the learning innovations during the Covid-19 pandemic in learning mathematics. This research is a classroom action research which was carried out for two cycles. Each cycle consists of stages of planning, action, observation, and reflection. The learning innovation used is using the Canva application. The advantage of this application is that it can make it easier for teachers to manage learning and convey information appropriately to students and make it easier for students to access learning. The results of this study indicate that learning innovations by utilizing technology in the form of the Canva application during the Covid-19 pandemic can improve student learning outcomes in class V mathematics learning at Pucung Girisubo State Elementary School, as evidenced by the test results at the end of cycle I, there are 10 students with a percentage of completeness. by 59% and an increase in the percentage of completeness in the second cycle by 84% from 16 students. This shows that the target percentage of students' completeness has exceeded the minimum value.


Keywords: Canva App, Learning, Math

Article Details

Section
Artikel

References

Faturohman, Nandang. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP , Vol. 3, No.1, 2020, hal. 615-627.

Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).

Kayatun, Sri. (2014). Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 3, Nomer 4, April 2014.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4),

Khotimah, Siti Kulsum Syifa Husnul. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Vol 3, No 4 (2021).

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nana, Endang Surahman. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 2019 E-ISSN: 2548-8325 / P-ISSN 2548-8317

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnawati, Franciska Ayuningsih. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Karya Ilmiyah Guru, Volume 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (No. 1, pp. 77-92).