“LEKER” PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI SD N KARANGMOJO II
Main Article Content
Abstract
Penelitian dengan judul “Leker” Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring di SD N Karangmojo II. Pendidikan karakter sesungguhnya tidak hanya diterapkan di lingkungan sekolah tetapi diterapkan pada setiap perilaku siswa dimana saja. Pemantauan pendidikan karakter pada masa pandemi ini tetap diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Leker” pendidikan karakter pada siswa yang diterapkan di SD Karangmojo II pada pembelajaran daring dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengisian “Leker” pendidikan karakter pada siswa yang diterapkan di SD Karangmojo II. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Leker disusun oleh masing-masing guru sesuai dengan karakter yang akan dipantau, sehingga uraian pada leker tiap guru berbeda. Pemantauan karakter dengan menggunakan leker ini dilakukan oleh orangtua siswa karena pembelajaran daring. Guru dan orang tua siswa dapat bersinergi agar penanaman karakter siswa berhasil.
Article Details
References
A Soedomo Hadi. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: UNS Press.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 174, Halm. 77–84.
Mustakim, Bagus, 2011, Pendidikan Karakter Membangun delapan karakter emas menuju Indonesia bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Pusat Bahasa
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran sekretaris jendral no. 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran corona yirus desease (covid-19)
Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character, How our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Halm. 81-86.
Sudjana, Nana. & Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandug: Sinar Baru Algesido.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suyanto. 2009. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zhang, et al. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.Vol. 47 No.5.
Aisyah, Y. S. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakater (PPK) melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Astuti, S. (2021). SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA DALAM INTEGRASI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN DARING DI PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Nita, C. I. R., Setyawan, D. A., & Iswanti, R. (2020, November). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Siswa kelas 5 SD Negeri Polehan 5 Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 393-399).