Efektivitas Ujian Akhir Online dengan integrated Web Based Aplikasi Edunav & Latihan.id di SMA Kesatuan Bangsa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan efektivitas ujian akhir dengan web based aplikasi edunav dan latihan.id di SMA Kesatuan Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, dan Siswa kelas XI di SMA Kesatuan Bangsa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penerapan ujian akhir dengan menggunakan web based aplikasi edunav dan latihan.id; (a) Tujuan dan latar belakang Penerapan web based aplikasi edunav dan latihan.id, (b) Waktu diterapkan web based aplikasi edunav dan latihan.id, (d) Tanggapan Terhadap Guru yang belum paham web based aplikasi edunav dan latihan.id. (2) Persiapan yang dilakukan Wakil Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, dan Siswa. (3) Proses ujian akhir dengan menggunakan web based aplikasi edunav dan latihan.id; (a) Kesulitan pelaksanaan ujian akhir (b) Kendala ujian akhir ,(c) Kendala yang dihadapi Guru, (d) Faktor Penghambat ujian akhir (e) Solusi Mengatasi Kendala dan Pengawasan.(4)Perubahan dari pelaksanaan ujian akhir untuk melakukan tes; (a) Dampak Positif online asesmen dengan menggunakan web based aplikasi edunav dan latihan.id (b) Hasil ujian akhir, (c) Perbedaan ujian akhir dengan menggunakan web based aplikasi edunav dan latihan.id dengan ujian akhir menggunakan kertas.
Article Details
References
Putra, E. Y., & Pamungkas, S. (2020). Implementasi Pelaksanaan Ujian Semester Berbasis Android dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri Kota Jambi. Jurnal Istoria Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. 4 (1), 32-41.
Sujana, I Wayan Cong (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Wibawa, Eka Ary (2019). Karakteristik Butir Soal Tes Ujian Akhir Semester Hukum Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVII, No. 1.
Aminudin N, Susilo (2019).Perancangan Sistem Aplikasi Ujian Online Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Kalirejo.Aisyah Journal
Jusrianto,Abdul Zahir,Megawati (2018).Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer Unnes Semarang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1, November 2018
Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102- 109.
Setyawan, D. H. (2018). Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.
Suryani,Yulinda Erma (2017). Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 21, No 2, December 2017 (142-152).
Febrianto (2016). “Pengembangan Sistem Ujian Online Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Teknik. Skripsi
Syarif, M. (2015). Metode Pembelajaran.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.